Kompas TV internasional kompas dunia

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Tewas Ditembak, Indonesia Sampaikan Belasungkawa

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 18:14 WIB
mantan-pm-jepang-shinzo-abe-tewas-ditembak-indonesia-sampaikan-belasungkawa
Indonesia melalui Duta Besar untuk Jepang dan Federasi Mikronesia menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Mantan PM Jepang Shinzo Abe, yang tewas ditembak saat kampanye mendukung calon dari partainya. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

TOKYO, KOMPAS.TV - Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi atas nama Pemerintah Indonesia menyampaikan belasungkawa mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Jumat (8/7/2022).

“Atas nama Pemerintah dan rakyat Republik Indonesia, kami menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya Bapak Shinzo Abe pada 8 Juli 2022. Abe-san merupakan salah satu negarawan yang dekat dengan Indonesia dan menjadi motor bagi kemitraan strategis dan kuatnya hubungan bilateral Indonesia dan Jepang. Kerja sama yang tidak hanya dilakukan di masa senang, tetapi juga terus dilakukan di masa sulit,” demikian disampaikan Dubes Heri Akhmadi.


Dalam pernyataan tertulis yang diterima Kompas TV, Dubes Akhmadi selanjutnya menyampaikan, rasa kehilangan yang dirasakan oleh seluruh masyarakat Jepang juga dirasakan oleh Pemerintah dan masyarakat Indonesia. 

"Di masa berkabung ini, kami mengharapkan agar keluarga mantan Perdana Menteri Abe dan seluruh masyarakat Jepang dapat tabah dalam menghadapi musibah ini,” tambah Dubes Heri.

Shinzo Abe meninggal dalam peristiwa penembakan di dekat Stasiun Yamatosaidaiji, Kota Nara, Prefektur Nara, Jumat (8/7), sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Shinzo Abe secara resmi dinyatakan meninggal pukul 17.03 waktu setempat di hari yang sama. 

Pengumuman itu disampaikan oleh Kepala Rumah Sakit Nara Medical University Hospital Prof. Fukushima.

Baca Juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Dilaporkan Meninggal Dunia Usai Ditembak

Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi. Indonesia melalui Duta Besar untuk Jepang dan Federasi Mikronesia menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Mantan PM Jepang Shinzo Abe, yang tewas ditembak saat kampanye mendukung calon dari partainya. (Sumber: KBRI Tokyo)

Selama menjabat sebagai PM Jepang, Shinzo Abe adalah sosok yang dekat dengan Indonesia.

Penetapan Kemitraan Strategis Indonesia dan Jepang tahun 2006 yang diikuti dengan Indonesia - Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) disepakati di masa pemerintahan PM Shinzo Abe.

PM Abe juga salah satu pemimpin dunia pertama yang ditemui oleh Presiden Joko Widodo saat resmi menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia tahun 2014.

Selain itu, PM Abe beberapa kali melakukan kunjungan resmi ke Indonesia, baik dalam kapasitas pertemuan bilateral, maupun menghadiri sejumlah pertemuan tingkat tinggi yang diselenggarakan di Indonesia.

 



Sumber : Kompas TV/KBRI Tokyo


BERITA LAINNYA



Close Ads x