Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Macron Sebut Pasukan NATO di Rumania Adalah Deterens yang Kuat, Peringatan untuk Rusia?

Kompas.tv - 16 Juni 2022, 02:40 WIB
macron-sebut-pasukan-nato-di-rumania-adalah-deterens-yang-kuat-peringatan-untuk-rusia
Presiden Emmanuel Macron menyambangi menyambangi pasukan Prancis yang bertugas di pangkalan militer Mihail Kogalniceanu, dekat Constanta, Rumania, Selasa (14/6/2022). (Sumber: Yoan Valat/Pool EPA via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

BUKARES, KOMPAS.TV - Presiden Prancis Emmanuel Macron menegaskan bahwa gugus tempur NATO di Rumania akan menjadi “deterens (kekuatan penangkisan) yang kuat” di sisi timur Eropa.

Hal tersebut disampaikan NATO di tengah berkobarnya perang Rusia-Ukraina.

Menurut laporan Associated Press, Selasa (14/6/2022), Macron mengatakannya ketika mengunjungi pasukan Prancis yang disiagakan di Rumania serta menghadiri pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Rumania Nicolae Ciuca dan Presiden Klaus Iohannis.

“Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dengan kita pada beberapa pekan atau bulan mendatang, tetapi kita akan melakukan apa pun yang kita bisa untuk mengakhiri invasi Rusia, demi membantu Ukraina dan melanjutkan perundingan,” kata Macron di pangkalan militer Mihail Kogalniceanu, timur Rumania.

Saat menyambangi pasukan Prancis yang bertugas di pangkalan NATO, Macron menyanjung mereka karena “menghormati komitmen kita (Prancis) mempertahankan Eropa ketika perang sudah berkobar lagi,” tuturnya.

Baca Juga: Menlu Ukraina Ngambek Gara-Gara Macron Bilang Jangan Permalukan Putin atas Invasi Rusia

Prancis memiliki sekitar 500 serdadu yang diterjunkan Rumania.

Paris memainkan perang penting dalam upaya NATO memperkuat perbatasan timur usai invasi Rusia ke Ukraina sejak 24 Februari lalu.

Kemudian, Prancis menerjunkan sistem pertahanan udara ke Rumania untuk “memastikan perlindungan terhadap pasukan yang beroperasi di area tersebut”.

Gugus tempur NATO di Rumania terdiri dari personel militer Prancis, Belgia, dan Amerika Serikat (AS).

Bergabung NATO sejak 2004, Rumania merupakan salah satu negara sekutu NATO yang berada di paling timur, berbatasan langsung dengan Ukraina.

Setelah mengunjungi Rumania, Macron rencananya akan berkunjung ke Moldova.

Negara ini turut terdampak invasi Rusia ke Ukraina mengingat situasi Transnistria, negara bentukan separatis yang didukung Kremlin.

Baca Juga: Warga Prancis Kembali Tewas di Ukraina, Prajurit Sukarelawan yang Terbunuh dalam Pertempuran



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x