Kompas TV internasional kompas dunia

Pertama Dalam Sejarah, Dubes RI Injakkan Kaki di Kepulauan Cook

Kompas.tv - 12 Mei 2022, 18:30 WIB
pertama-dalam-sejarah-dubes-ri-injakkan-kaki-di-kepulauan-cook
Dubes RI Fientje Maritje Suebu (dua dari kiri) berfoto bersama Queens Representative Kepulauan Cook, Sir Tom Marsters. (Sumber: KBRI Wellington)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Vyara Lestari

AVARUA, KOMPAS.TV – Duta Besar RI Fientje Maritje Suebu menorehkan sejarah dengan menginjakkan kaki di Kepulauan Cook. Peristiwa ini menandakan pertama kalinya Dubes RI mengunjungi negara yang berada di Samudera Pasifik ini. 

Dalam kunjungan bersejarah ini, Dubes Fientje yang juga merupakan Dubes RI untuk Selandia Baru, menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo kepada Queen’s Representative Kepulauan Cook, Sir Tom Masters.

“Saat saya menapakkan kaki di Rarotonga, di tengah keindahan Kepulauan Cook, saya merasakan begitu banyak persamaan antara Indonesia dan Kepulauan Cook. Pemandangan yang indah, penduduk yang ramah, budaya yang menakjubkan dan masih banyak hal lainnya. Kita memang adalah satu keluarga besar Pasifik,” ujar Duta Besar Fientje Maritje Suebu di ibukota Kepulauan Cook, Avarua, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga: Bikin Bangga, Baju Batik Produksi Selandia Baru Dipamerkan di Negara Kiwi

Dubes Fientje merupakan Dubes RI untuk Selandia Baru yang juga terakreditasi untuk Kepulauan Cook, Samoa, Kerajaan Tonga dan Niue. Pada pertemuan tersebut, Dubes Fientje memaparkan mandat yang diberikan Presiden Jokowi untuk semakin meningkatan kehadiran Indonesia sebagai bagian dari Kawasan Pasifik serta memperkuat hubungan bilateral dengan Kepulauan Cook.

Kepulauan Cook baru merintis hubungan bilateral dengan Indonesia pada Juli 2019 lalu. Pembukaan hubungan bilateral tersebut dilakukan di sela-sela perhelatan besar Indonesia di Pasifik, Pacific Expositions 2019 di Selandia Baru. 

Saat itu, Menlu RI Retno Marsudi membuka hubungan diplomatik resmi dengan Kepulauan Cook bersama Perdana Menteri sekaligus Menlu Kepulauan Cook, Henry Puna melalui penandatanganan joint communique. Kepulauan Cook juga merupakan salah satu negara yang berpartisipasi pada 2nd Pacific Exposition yang diselenggarakan pada 27-30 Oktober 2021.

Selain menyerahkan surat kepercayaan, Fientje juga melaksanakan pertemuan dengan berbagai pejabat tinggi Kepulauan Cook. Para pejabat tersebut antara lain adalah Perdana Menteri Mark Brown, Menteri bidang Pariwisata dan Ekonomi Patrick Arioka, Ketua Parlemen Tai Tura, serta beberapa pejabat tinggi lainnya.

Baca Juga: Cerita WNI di Selandia Baru, Sukses Buka Restoran untuk Perkenalkan Kuliner Indonesia

Selain itu, Dubes Fientje juga menitipkan sekitar 120 putra dan putri Indonesia yang tinggal di Kepulauan Cook. Kebanyakan dari mereka bekerja di bidang pariwisata. Dubes Fientje melalui KBRI Wellington secara reguler memberikan pelayanan kekonsuleran bagi warga negara Indonesia di Kepulauan Cook. 

Warga negara Indonesia di Kepulauan Cook dikenal memiliki etos kerja yang tinggi, sehingga memenuhi pasar tenaga kerja di negara yang berpenduduk 17.000 jiwa ini.

Kepulauan Cook merupakan surga kecil di Kawasan Pasifik yang terkenal dengan wisata pantainya yang sangat indah. Pariwisata memang merupakan salah satu sumber pendapatan utama negara tersebut. 

 



Sumber : KBRI Wellington


BERITA LAINNYA



Close Ads x