Kompas TV internasional kompas dunia

Amerika Serikat Jatuhkan Sanksi 5 WNI, Diduga Fasilitator Pendanaan ISIS

Kompas.tv - 10 Mei 2022, 07:36 WIB
amerika-serikat-jatuhkan-sanksi-5-wni-diduga-fasilitator-pendanaan-isis
Tentara Irak memperlihatkan bendera ISIS yang diperoleh setelah mereka merebut pertahanan ISIS di sebuah desa di sisi timur kota Mosul. AS jatuhkan sanksi pada 5 WNI diduga fasilitator ISIS per Senin 9 Mei 2022 (Sumber: (BULENT KILIC / AFP))
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Amerika Serikat  menjatuhkan sanksi kepada lima orang Indonesia yang mereka sebut sebagai jaringan fasilitator keuangan ISIS dalam melakukan teror. Kelima orang ini beraktivitas di Indonesia, Suriah dan Turki untuk mendukung milisi itu di Suriah.

Mengutip Antara, Departemen Keuangan AS dalam pernyataannya menuduh kelimanya berperan dalam memfasilitasi perjalanan anggota ISIS ke Suriah dan wilayah operasi mereka yang lain.

Selain itu, menurut mereka, kelimanya melakukan pengiriman dana untuk mendukung kegiatan milisi tersebut di kamp-kamp pengungsi Suriah.

Depkeu AS mengatakan jaringan tersebut menghimpun dana di Indonesia dan Turki untuk aktivitas ISIS. 

Dalam keterangan itu juga disebutkan, sebagian penggunaan dana tersebut digunakan untuk membiayai penyelundupan anak-anak dari kamp-kamp dan mengirim mereka ke para petempur ISIS sebagai calon anggota. 

"Amerika Serikat, sebagai bagian dari Koalisi Global untuk Memerangi ISIS, berkomitmen untuk mencegah ISIS menghimpun dan memindahkan dana lintas yurisdiksi," kata Brian Nelson, Wakil Menteri Keuangan AS untuk Terorisme dan Intelijen Keuangan, Selasa (10/4/2022).

Lantas, sanksi apa yang dijatuhkan?  

Sanksi itu berupa pembekuan aset di AS dan larangan bagi warga Amerika Seriakt untuk berurusan dengan mereka. Lima orang itu adalah  Dwi Dahlia Susanti, Rudi Heryadi, Ari Kardian, Muhammad Dandi Adhiguna dan Dini Ramadhani.

Menurut keterangan di situs web Depkeu AS, kelimanya memiliki kewarganegaraan Indonesia.

Baca Juga: Mesir Umumkan 11 Tentaranya Tewas Diserang ISIS di Sinai

Profil 5 Orang warga Indonesia yang Diduga Fasilitator Keuangan ISIS

Dalam keterangan tersebut dijelaskan, lima orang tersebut saling berafiliasi. Bahkan secara langkap dituliskant tentang tanggal lahir, beserta nomor paspor mereka.

Berikut profil singkatnya berdasarkan situs resmi depkeu Amerika Serikat.

  • ADHIGUNA, Muhammad Dandi (a.k.a. ADHIGUNA LESMANA, Dandi; a.k.a. ADHIGUNA, Dandi Muhammad) Lahir di Gresik, Jawa Tengah 30 Jul 1996. Ia berkebangsaan Indonesia, dengan dengan bukti paspor Indonesia.
  • Rudi Heryadi lahir di Cirebon, 21 Sep 1973. Laki-laki, berkebangsaan Indonesia. Ia terindikasi dengan ISIS. 
  • Aria Kardian lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada 16 Feb 1990. Ia memiliki paspor di Indonesia dan terkait dengan ISIS.  
  • Dini Ramadhani lahir pada 10 Mar 1993; nationality Indonesia. Berkelamin perempuan.
  • Dwi Dahlia Susanti saat ini  Idlib, Syria. Ia seorang perempuan dan lahir 28 Jul 1976. 

Dalam keteranganya dijelaskan, Dwi Dahlia Susanti telah menjadi fasilitator keuangan ISIS setidaknya sejak 2017 dan telah membantu anggota ISIS lainnya dengan pengiriman dana yang melibatkan individu di Indonesia, Turki, dan Suriah.

Pada 2021, ia bersama dengan jaringannya diduga menyelundukan anak-anak dan mengirimkan dana sekitar 4000 dolar AS untuk pendanaan ISIS. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x