Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu AS Positif Covid-19, Ternyata Sebelumnya Hadiri Makan Malam di Gedung Putih

Kompas.tv - 5 Mei 2022, 07:48 WIB
menlu-as-positif-covid-19-ternyata-sebelumnya-hadiri-makan-malam-di-gedung-putih
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dinyatakan positif COVID-19 pada Rabu (4/5/2022). Sebelumnya dia sempat menghadiri acara makan malam di Gedung Putih pada pekan lalu. (Sumber: Olivier Douliery/Pool/AFP/Getty Images)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Fadhilah

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Antony Blinken positif Covid-19, Rabu (4/3/2022).

Sebelumnya, dia sempat menghadiri acara makan malam di Gedung Putih pada akhir pekan lalu.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan, Blinken dinyatakan positif dalam tes PCR pada Rabu sore.

Price mengatakan, Blinken sudah divaksinasi lengkap dan hanya mengalami gejala ringan.

"Menlu Blinken telah dites positif Covid-19. Kabar baiknya adalah dia divaksinasi penuh dan telah mendapat vaksin booster. Dia hanya mengalami gejala ringan dan akan melakukan karantina di rumah sesuai pedoman CDC. Saya tahu dia sangat menantikannya untuk kembali ke kantor, kembali ke jadwal dan kembali bekerja segera setelah dia bisa melakukannya," ujar Price seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: Menlu AS Antony Blinken Sebut Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Kapan Saja, Termasuk Saat Olimpiade

Blinken dites negatif pada Selasa dan lagi Rabu pagi dengan tes antigen. Namun kemudian melakukan tes PCR setelah mengalami gejala.

Blinken belum bertemu langsung dengan Presiden Joe Biden selama beberapa hari terakhir dan tidak dianggap sebagai kontak dekat presiden. 

Sebelum dinyatakan positif, pada Rabu Blinken sempat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Swedia. Sedangkan pada Selasa lalu sempat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Meksiko.

Price mengatakan, mereka sedang melacak semua kontak dekat Blinken selama beberapa hari terakhir dan memberi tahu mereka bahwa Blinken positif Covid-19.

Blinken dijadwalkan memberikan pidato tentang kebijakan pemerintahan Biden di China pada hari ini. Namun akhirnya rencana tersebut ditunda tanpa batas waktu yang belum ditentukan.

Baca Juga: Pertemuan Hangat Menlu AS Antony Blinken Bersama Presiden Jokowi, Bahas Apa?

Price menuturkan Blinken, yang menghadiri makan malam Asosiasi Koresponden Gedung Putih pada Sabtu serta sejumlah resepsi yang terkait dengannya pada akhir pekan.

Dia akan mengisolasi diri di rumah dan bekerja secara virtual sampai masa karantina berakhir.

Blinken adalah anggota kabinet Biden terbaru yang dites positif Covid-19.

Sebelumnya Wakil Presiden Kamala Harris diizinkan untuk kembali ke Gedung Putih pada Selasa, setelah dinyatakan positif pekan lalu.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x