Kompas TV internasional kompas dunia

Bola Bisbol yang Ditandatangani Zelenskyy Dilelang untuk Membantu Ukraina

Kompas.tv - 4 Mei 2022, 05:28 WIB
bola-bisbol-yang-ditandatangani-zelenskyy-dilelang-untuk-membantu-ukraina
Bola bisbol yang ditandatangani Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy akan dilelang oleh Balai Lelang RR Auction mulai 3 hingga 11 Mei 2022. (Sumber: RR Auction via Associated Press.)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

BOSTON, KOMPAS.TV – Bola bisbol yang ditandatangani Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada tahun 2019,   untuk seorang kolektor Amerika, kini akan dilelang oleh RR Auction di Boston, Amerika Serikat. Bola itu diperkirakan akan terjual sedikitnya $15.000 (sekitar Rp 217.000.000).

“Dengan apa yang terjadi di dunia saat ini, masuk akal untuk melelangnya pada saat ini karena hasilnya akan membantu orang-orang di Ukraina,” kata Randy Kaplan yang merupakan kolektor bola, seperti dikutip dari The Associated Press

“Apa yang terjadi di Ukraina adalah aib dan menghancurkan hati saya melihat orang-orang sekarat di sana. Kebutuhan mereka sangat mendesak saat ini,” tambahnya.

Bola koleksi Kaplan yang akan dilelang, ditanda tangani Zelenskyy dengan spidol hitam dalam huruf Cyrillic Ukraina dan Latin. Bola ini disertai dengan surat yang ditandatangani oleh Volodymyr Yelchenko, Perwakilan Tetap Ukraina untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa. Surat tersebut bertuliskan, “Tuan Kaplan yang terhormat, demikian bola bisbol terlampir, yang ditandatangani oleh Presiden Ukraina, H.E. Tuan Volodymyr Zelenskyy dalam kunjungan ke New York pada September 2019.”

Baca Juga: Zelenskyy yang Yahudi Pertanyakan Nazifikasi Ukraina, Lavrov Jawab: Hitler Juga Ada Darah Yahudi

Hasil penjualan bola bisbol itu rencananya akan disumbangkan untuk Ukraina. Selain itu RR Auction juga akan menyumbangkan premi pembeli dan komisi penjualnya untuk upaya bantuan perang. Situs web Americares menyebutkan, bantuan tersebut akan berfokus pada kebutuhan medis jutaan pengungsi.

Kaplan adalah spesialis urusan pemerintahan New York yang memiliki banyak relasi dengan staf PBB dan tokoh politik Amerika Serikat. Dia tidak membeli bola bisbolnya di pelelangan, melainkan mendapatkannya sendiri melalui kolega yang dia kenal. 

Dia memulai koleksinya pada tahun 1996 ketika mantan Presiden Bill Clinton menandatangani bola bisbol untuknya pada sebuah pertemuan di Washington, D.C. Koleksinya, saat ini berjumlah lebih dari 500 item dan telah dipajang di museum dan perpustakaan kepresidenan di seluruh negeri.

Baca Juga: Jokowi Tolak Permintaan Senjata dari Ukraina dan Undang Zelenskyy ke KTT G20

Ini bukan pertama kalinya dia melelang sebagian dari koleksinya. Namun ini mungkin pertama kalinya dia menjual bola yang ditandatangani oleh seorang pemimpin terkenal. 

“Saya sangat berharap Zelenskyy selamat dari perang ini,” kata Kaplan. "Dia pria yang sangat berani," tambahnya.

Lelang ini akan berakhir 11 Mei mendatang. Selain bola bisbol yang ditandatangani Zelenskyy, beberapa barang berharga lain juga akan dilelang seperti tanda tangan dan artefak dari Johann Sebastian Bach, Nikola Tesla, dan Albert Einstein.
 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x