Kompas TV internasional kompas dunia

Putin akan Hadir di KTT G20, Jokowi Ingin Satukan G20 karena Perdamaian dan Stabilitas adalah Kunci

Kompas.tv - 29 April 2022, 20:14 WIB
putin-akan-hadir-di-ktt-g20-jokowi-ingin-satukan-g20-karena-perdamaian-dan-stabilitas-adalah-kunci
Presiden Indonesia Joko Widodo mengungkap, Putin kepada dirinya hari Kamis, (28/4/2022) katakan akan hadir di KTT G20 di Bali, dan Jokowi tegaskan keinginan Indonesia menyatukan G20 karena perdamaian dan stabilitas adalah kunci. (Sumber: Youtube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Indonesia Joko Widodo mengungkapkan, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan kepada Jokowi bahwa dirinya akan hadir di KTT G20 yang akan digelar di Bali, bulan November nanti. Hal itu diungkap Joko Widodo pada pernyataan hari Jumat, (28/4/2022) di kanal Youtube Sekretariat Presiden. 

Pada pernyataan hari Jumat, (29/4/2022), Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa Putin memastikan kehadiran dirinya di KTT G20 di Bali bulan November nanti, "Presiden Putin menyampaikan terima kasih atas undangan menghadiri KTT G20 dan menyatakan akan hadir,"

Presiden Joko Widodo menegaskan, keinginan Indonesia adalah menyatukan G20, "jangan sampai ada perpecahan, perdamaian dan stabilitas adalah kunci bagi pemulihan dan pembangunan ekonomi dunia,"

Presiden Indonesia Joko Widodo juga mengundang Ukraina untuk turut serta dalam pertemuan G20 yang tahun ini diketuai Indonesia. Hal tersebut disampaikan sendiri oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Rabu (27/4/2022) dan dibenarkan oleh Presiden Joko Widodo pada pernyataannya di Istana Negara hari Jumat, (29/4/2022). 

"G20 memiliki peran sebagai katalisator pemulihan ekonomi dunia. Terdapat dua hal besar yang mempengaruhi saat ini, yaitu pandemi Covid-19 dan perang di Ukraina. Dalam konteks inilah, maka dalam pembicaraan per telepon kemarin, saya mengundang presiden Zelenskyy untuk hadir dalam KTT G20," kata Joko Widodo.

Baca Juga: Jokowi Pastikan Vladimir Putin Hadiri KTT G20 di Indonesia

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Indonesia Joko Widodo melakukan percakapan telepon hari Kamis, (28/4/2022). Putin kepada Jokowi hari Kamis, (28/4/2022) katakan akan hadir di KTT G20 di Bali, dan Jokowi tegaskan keinginan Indonesia menyatukan G20 karena perdamaian dan stabilitas adalah kunci. (Sumber: NPR via Getty Images)

Presiden Jokowi mengungkap dua bulan terakhir dirinya berkomunikasi intensif dengan berbagai pemimpin negara-negara dunia, termasuk dengan sekretaris jenderal PBB tentang persiapan KTT G20 yang akan digelar di Bali November nanti dan tentang kondisi terkini dunia termasuk serangan Rusia ke Ukraina.

Jokowi mengungkap dirinya berbicara dengan kanselir Jerman Olaf Scholz pada 7 Maret 20222, keesokannya pada 8 Maret 2022 dirinya berkomunikasi dengan PM Jepang Fumio Kishida. 

Pada 16 Maret, Jokowi mengungkap dirinya berbicara dengan PM Kanada, Justin Trudeau. Pada 22 Maret 2022 Jokowi berbicara dengan presiden Prancis Emmanuel Macron. 

Pada 31 Maret 2022, Jokowi mengatakan dirinya berbicara dengan PM Belanda Mark Rutte, dan pada12 April 2022 berbicara dengan Sekjen PBB Antonio Guterres. 

Pembicaraan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy terjadi pada 27 April 2022 dan pada 28 April 2022 Jokowi berbicara dengan presiden Portugal dan pada hari yang sama, Jokowi berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.




Sumber : Kompas TV/Sekretariat Presiden


BERITA LAINNYA



Close Ads x