Kompas TV internasional kompas dunia

Spektakuler, Jembatan Besi 19 Meter Seberat 500 ton di India Dicuri Tanpa Ketahuan, Lenyap 3 Hari

Kompas.tv - 10 April 2022, 05:15 WIB
spektakuler-jembatan-besi-19-meter-seberat-500-ton-di-india-dicuri-tanpa-ketahuan-lenyap-3-hari
Sekelompok pencuri besi tua yang cerdik membongkar dan mencuri jembatan besi sepanjang 19 meter dengan berat 500 ton tanpa ketahuan di India timur, kata polisi, seperti laporan Times of India, Sabtu (9/4/2022). (Sumber: The Hindu News - India)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

SASARAM, KOMPAS.TV - Sekelompok pencuri besi tua yang cerdik membongkar dan mencuri jembatan besi sepanjang 19 meter dengan berat 500 ton tanpa ketahuan di India timur.

Pencuri profesional itu melakukan hal yang hampir mustahil, yaitu dengan berpura-pura menjadi petugas irigasi. Pencurian jembatan itu dilaporkan pada hari Rabu (6/4/2022) lalu di negara bagian Bihar, salah satu yang termiskin di negara itu, seperti laporan Times of India, Sabtu (9/4/2022).

Penduduk desa setempat, yang terkaget-kaget melihat jembatan di atas kanal Ara-Sone itu hilang pada 5 April, mengatakan jembatan itu dibangun sekitar 45 tahun yang lalu.

“Bahkan tiga hari yang lalu, struktur jembatan itu masih ada tetapi tiba-tiba menghilang, lalu kami lapor ke pejabat setempat,” kata Suresh Kumar dari Desa Amiyawar, Distrik Rohtas.

Pencurian itu terjadi di Desa Amiyawar, sekitar 40 km dari ibu kota Distrik Sasaram, tempat yang terkenal dengan makam pendiri Kerajaan Suri, Sher Shah Suri.

Penduduk desa mengatakan selama beberapa hari para pencuri merobohkan bagian jembatan besi dengan menyamar sebagai pejabat Departemen Pengairan Negara yang terlibat dalam pekerjaan pembongkaran jembatan karena sudah tua dan bobrok.

Seperti “kecoa dapur”, pencuri mencopot baja seberat 500 ton sejak jembatan beton di sebelahnya dibuka lima tahun lalu, kata penduduk setempat.

Tetapi mereka tidak pernah mengira seluruh struktur akan menghilang suatu malam.

Baca Juga: Ini Modus Pencurian Besi 111 Ton dari Proyek Kereta Cepat yang Rugikan Negara hingga Rp1 Miliar

Jembatan besi di Sasaram saat kanal masih dialiri air, sebelum dicuri saat air mengering. Sekelompok pencuri besi tua yang cerdik membongkar dan mencuri jembatan besi sepanjang 19 meter dengan berat 500 ton tanpa ketahuan di India timur, kata polisi, seperti laporan Times of India, Sabtu (9/4/2022). (Sumber: The Hindu News - India)

Petugas polisi Subhash Kumar mengatakan, pencuri datang dengan menyamar sebagai pejabat irigasi pemerintah.

"Penyelidikan telah diperintahkan dan kami sedang menyelidiki bagaimana dan kapan jembatan itu dicuri," kata kepala kantor polisi Nasriganj, Subhash Kumar.

Para pencuri membawa buldoser dan pemotong besi bertenaga gas, lalu mengobrak-abrik struktur sebelum melarikan diri dengan barang rampasan dalam dua hari, kata Kumar.

"Mereka membawa rongsokan itu dengan kendaraan berat," katanya.

Polisi melakukan penyelidikan atas insiden aneh itu pada hari Kamis (8/4/2022) lalu, tetapi belum ada penangkapan yang dilakukan sejauh ini.

Anehnya, ini bukan pertama kalinya sebuah jembatan hilang. Pada 2012, pencuri pemberani mencuri jembatan di siang hari bolong di Republik Ceko, mengeklaim mereka disewa untuk menghancurkannya.

Tahun sebelumnya, pencuri memindahkan baja senilai 100.000 dollar dari sebuah jembatan di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Tahun 2004, sebuah jembatan baja sepanjang 11 meter di Ukraina dicuri untuk besi tua.

 

 



Sumber : Times of India/The Hindu


BERITA LAINNYA



Close Ads x