Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Tampilkan Simbol 'Z' Rusia di Jerman Bisa Dipidana

Kompas.tv - 28 Maret 2022, 23:01 WIB
tampilkan-simbol-z-rusia-di-jerman-bisa-dipidana
Ilustrasi. Seorang perempuan membuat gestur huruf Z yang menunjukkan dukungan terhadap militer Rusia yang tengah menginvasi Ukraina saat perayaan aneksasi Krimea di Moskow, 18 Maret 2022. Pada Senin (28/3/2022), Kementerian Dalam Negeri Jerman menyebut simbol huruf Z bisa dianggap tanda mendukung invasi Rusia ke Ukraina dalam situasi tertentu dan bisa berujung pidana. (Sumber: Paqvel Bednyakov/Sputinik via AP)

BERLIN, KOMPAS.TV - Otoritas Jerman dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk menuntut orang yang menampilkan simbol “Z”, tanda dukungan terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Pada Senin (28/3/2022), Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Jerman Marek Wede menyebut simbol itu bisa dianggap tanda mendukung invasi Rusia ke Ukraina dalam situasi tertentu dan bisa berujung pidana.

Wede juga mengaku otoritas keamanan Jerman sadar jika simbol “Z” beberapa kali ditampilkan dalam sejumlah aksi di Jerman.

Baca Juga: Apa Arti Simbol Huruf Z di Tank Militer Rusia? Ternyata Ini Makna dan Fungsinya

“Serangan Rusia ke Ukraina adalah tindak kriminal dan siapa pun yang secara terbuka menyetujui perang ini bisa ikut dikenai tanggung jawab secara pidana,” kata Wede dikutip Associated Press.

Lebih lanjut, Wede menyampaikan bahwa pemerintah federal Jerman menyambut baik kebijakan sejumlah negara bagian yang mengumumkan penyelidikan atas sejumlah kasus ditampilkannya simbol “Z”. Sejumlah negara bagian hendak mengusut apakah pelaku bisa dijerat pidana.

Simbol huruf “Z” sendiri telah dijadikan tanda dukungan invasi Rusia ke Ukraina oleh berbagai pihak. Di medan perang, simbol ini kerap dicat ke kendaraan tempur dan perlengkapan militer Rusia.

Baca Juga: Presiden Zelensky Anggap Klaim Rusia Bahwa Ukraina Miliki Laboratorium Rahasia Sebagai Lelucon


 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x