Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Rusia Umumkan Gencatan Senjata di 2 Kota Ukraina Ini, Jamin Jalur Evakuasi Warga Sipil

Kompas.tv - 5 Maret 2022, 14:49 WIB
rusia-umumkan-gencatan-senjata-di-2-kota-ukraina-ini-jamin-jalur-evakuasi-warga-sipil
Pengungsi Ukraina, sebagian besar perempuan dengan anak-anak, menunggu transportasi di perbatasan di Medyka, Polandia, Sabtu, 5 Maret 2022, setelah melarikan diri dari Ukraina. Rusia menyatakan mereka menghentikan serangan dan menjamin keamanan jalur evakuasi untuk keluarnya warga sipil dari Mariupol dan Volnovakha, kata Kementerian Pertahanan Rusia seperti dilaporkan kantor berita Rusia RIA Novosti, Sabtu (5/3/2022). (Sumber: AP Photo / Marcus Schreiber)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia menyatakan mereka menghentikan serangan dan menjamin keamanan jalur evakuasi untuk keluarnya warga sipil dari kota Mariupol dan Volnovakha. Hal ini diumumkan Kementerian Pertahanan Rusia seperti dilaporkan kantor berita Rusia RIA Novosti, Sabtu (5/3/2022).

"Hari ini, 5 Maret, mulai pukul 10 pagi waktu Moskow, Rusia menyatakan jeda dan membuka koridor kemanusiaan untuk keluarnya warga sipil dari Mariupol dan Volnovakha," kata pernyataan kementerian pertahanan.

Pihak Rusia menambahkan, koridor kemanusiaan dan rute keluar telah disepakati dengan pihak Ukraina. Sementara itu, hingga siang ini belum ada konfirmasi dari pasukan Ukraina, dan belum ada keterangan rinci berapa lama jalur evakuasi warga sipil itu akan dibuka.

Perundingan putaran kedua antara Rusia dan Ukraina di Brest, Belarus, selesai digelar hari Kamis (3/3/2022).

Dalam perundingan tersebut, kedua pihak baru dapat menyepakati pembuatan koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga sipil dari wilayah pertempuran.

"Pembicaraan putaran kedua telah berakhir. Sayangnya, Ukraina belum mendapat hasil yang dibutuhkan. Yang ada hanya keputusan tentang organisasi koridor kemanusiaan," kata penasihat presiden Ukraina Mykhailo Podolyak di Twitter seperti dilaporkan Straits Times, Jumat (4/3).

Baca Juga: Rusia dan Ukraina Sepakati Koridor Evakuasi Kemanusiaan, Perundingan Putaran Ketiga Segera Dilakukan

Sepasang suami istri membawa barang-barang mereka ke tempat penampungan selama penembakan Rusia di luar Mariupol, Ukraina, Kamis, 24 Februari 2022. (Sumber: AP Photo/Sergei Grits)

Pembicaraan antara pejabat Rusia dan Ukraina berlangsung di perbatasan Polandia-Belarus pada hari ke-8 invasi Rusia ke Ukraina.

Negosiator Rusia menegaskan, kedua belah pihak sepakat untuk menciptakan jalan evakuasi bagi warga sipil.

"Pertanyaan utama yang kami putuskan hari ini adalah masalah menyelamatkan orang, warga sipil, yang berada di zona bentrokan militer," kata perunding utama Rusia dan mantan menteri kebudayaan, Vladimir Medinsky.

"Rusia menyerukan warga sipil yang berada dalam situasi ini, jika aksi militer berlanjut, untuk menggunakan koridor kemanusiaan ini," katanya.

Negosiator Rusia lainnya, anggota parlemen nasionalis Leonid Slutsky, mengatakan perjanjian itu akan "diimplementasikan dalam waktu dekat."

Mikhail Podolyak, penasihat kepala kantor Presiden Ukraina usai perundingan putaran kedua mengatakan, dalam waktu dekat Moskow dan Kiev akan mengatur saluran komunikasi khusus untuk mengatur koridor kemanusiaan di tempat-tempat di mana gencatan senjata akan diadakan.

 




Sumber : RIA Novosti/Associated Press/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x