Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Akhirnya Delegasi Ukraina Tiba di Gomel Belarusia, Perundingan dengan Rusia Dimulai Pukul 16.00 WIB

Kompas.tv - 28 Februari 2022, 16:35 WIB
akhirnya-delegasi-ukraina-tiba-di-gomel-belarusia-perundingan-dengan-rusia-dimulai-pukul-16-00-wib
Lokasi tempat perundingan damai antara delegasi Rusia dan Ukraina di Gomel, Belarusia, Senin (28/2/2022). Delegasi Ukraina datang dengan menggunakan dua helikopter militer membawa enam anggota delegasi yang dipimpin menteri pertahanan. (Sumber: RIA Novosti)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

MOSKOW, KOMPAS.TV - Delegasi Ukraina tiba di Gomel, Belarusia, lokasi perundingan damai dengan Rusia dengan menaiki dua helikopter seperti dilaporkan RIA Novosti, Senin (28/2/2022).

Kepala delegasi Rusia, Vladimir Medinsky, mengatakan, perundingan akan dimulai pukul 12.00 atau 13.00 waktu Gomel atau sekitar pukul 16.00 WIB.

Delegasi dari Kiev terdiri dari Menteri Pertahanan Alexei Reznikov, Kepala Faksi "Hamba Rakyat" David Arahamia, Wakil Menteri Luar Negeri Mykola Tochytsky, dan Penasihat Kepala Kantor Kepresidenan Mykhailo Podolyak.

Kemudian utusan Parlemen Ukraina atau Verkhovna Rada, Rustem Umerov, serta Wakil Kepala Delegasi Pertama Ukraina untuk Grup Kontak Trilateral Andriy Kostin.

Delegasi Rusia sendiri dipimpin Vladimir Medinsky yang juga pembantu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, Wakil Menteri Luar Negeri Andrei Rudenko, Wakil Menteri Pertahanan Alexander Fomin.

Lalu Duta Besar Rusia untuk Belarusia Boris Gryzlov, serta Kepala Komite Internasional Negara dari Parlemen Rusia atau Duma, Leonid Slutsky.

Kantor presiden Ukraina mengatakan, masalah utama bagi Ukraina dalam perundingan ini adalah gencatan senjata segera dan penarikan pasukan Rusia dari Ukraina.

Pada saat yang sama, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dia "tidak benar-benar yakin" pada hasil pembicaraan.

Sebelumnya, Zelensky telah meminta berunding dengan pihak Rusia dan menawarkan status netral atau tidak berpihak dalam persaingan pengaruh antara Rusia dan NATO, yang berarti Ukraina tidak akan bergabung dengan organisasi pakta pertahanan tersebut. 

Baca Juga: Menegangkan, Ukraina Akhirnya Setuju Datang ke Belarus untuk Perundingan Damai dengan Rusia

Kemarin malam, Minggu (27/2/2022), Ukraina akhirnya setuju datang ke Gomel, Belarusia untuk berunding dengan Rusia di lokasi perbatasan antara Belarusia dan Ukraina, di tepi sungai Pripyat.

Ketua delegasi Rusia, Vladimir Medinsky, yang juga pembantu dekat Presiden Putin menegaskan, delegasi Rusia sudah berada di Gomel sejak satu hari sebelumnya dan akan datang ke lokasi perundingan, seperti dilaporkan kantor berita Rusia, RIA Novosti, Minggu.

Medinsky menegaskan, perwakilan Rusia siap untuk negosiasi kapan saja.

"Setiap jam bagi kami adalah kehidupan yang diselamatkan," katanya.

Sekretaris Pers Presiden Rusia Dmitry Peskov mencatat hasil ini didahului oleh percakapan telepon antara Presiden Belarusia Alexander Lukashenko dan mitranya dari Ukraina, Vladimir Zelensky.

Peskov mengatakan, setelah pembicaraan telepon dengan presiden Ukraina, Presiden Lukashenko segera menelepon langsung Presiden Putin, dan meminta untuk tidak memanggil pulang delegasi Rusia.

"Ukraina sudah memberi sinyal, yang menyatakan kesiapan untuk datang ke negosiasi di wilayah Gomel. Pihak Rusia dan delegasi Rusia di lapangan sepenuhnya siap untuk negosiasi, menunggu delegasi Ukraina," kata Peskov.



Sumber : Kompas TV/RIA Novosti



BERITA LAINNYA



Close Ads x