Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Tentara Rusia Berupaya Rebut Pembangkit Nuklir Chernobyl di Ukraina

Kompas.tv - 25 Februari 2022, 05:25 WIB
tentara-rusia-berupaya-rebut-pembangkit-nuklir-chernobyl-di-ukraina
Panorama kota hantu Pripyat dengan konstruksi pelindung reaktor nuklir Chernobyl yang meledak 35 tahun lalu di latar belakang, di Ukraina, 15 April 2021. Pada Kamis (24/2/2022), pasukan Rusia dilaporkan telah memasuki area dekat pembangkit nuklir Chernobyl dan berupaya merebutnya. (Sumber: AP Photo, File)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

KIEV, KOMPAS.TV – Pasukan Rusia telah memasuki area di sekitar pembangkit nuklir Chernobyl di kota Pripyat, Ukraina, Kamis (24/2/2022), dan berupaya merebut pembangkit nuklir itu. Hal itu dinyatakan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Pembangkit nuklir itu mengalami kecelakaan nuklir terburuk di dunia ketika sebuah reaktor nuklir meledak pada April 1986 hingga memuntahkan limbah radioaktif ke seluruh Eropa. Pembangkit nuklir Chernobyl terletak sekitar 130 kilometer di utara ibu kota Kiev.

Baca Juga: Rusia Kuasai Bandara Militer Hanya 36 Km dari Kiev, Klaim Hancurkan 74 Fasilitas Militer Ukraina

Reaktor yang meledak telah ditutup oleh semacam lapisan selter pelindung untuk mencegah kebocoran radiasi. Seluruh reaktornya juga telah dinonaktifkan.

Lewat akun Twitternya, Zelensky mencuit, “Para pembela kami memberikan nyawa mereka agar tragedi tahun 1986 tidak terulang kembali.”

“Ini adalah deklarasi perang melawan seluruh Eropa,” imbuhnya, seperti dikutip dari Associated Press, Kamis (24/2/2022).

Baca Juga: Detik-Detik Ketegangan Sidang Dewan Keamanan PBB saat Putin Umumkan Invasi ke Ukraina

Sementara itu, Rusia mengeklaim telah menghancurkan 74 fasilitas militer Ukraina, termasuk 11 pangkalan udara.

Pasukan khusus Rusia juga berhasil menguasai sebuah bandara Antonov yang terletak hanya 25 kilometer dari batas ibu kota Kiev dan berjarak hanya 40 kilometer dari Istana Kepresidenan Ukraina.

Baca Juga: NATO Beri Peringatan Keras, akan Pertahankan Setiap Jengkal Wilayah jika Rusia Serang Negara Anggota


 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x