Kompas TV internasional kompas dunia

Samakan PM Kanada Justin Trudeau dengan Adolf Hitler, Elon Musk Dihujat

Kompas.tv - 18 Februari 2022, 13:28 WIB
samakan-pm-kanada-justin-trudeau-dengan-adolf-hitler-elon-musk-dihujat
CEO Tesla dan pemilik SpaceX Elon Musk di Berlin, Jerman 1 Desember 2020 (Sumber: AP Photo)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

CALIFORNIA, KOMPAS.TV - CEO Tesla Elon Musk dihujat dan dikritik setelah menyamakan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dengan pemimpin Nazi, Adolf Hitler.

Musk sebelumnya mencuitkan sebuah foto Hitler di Twitter, dengan tulisan “Berhenti samakan saya dengan Justin Trudeau”, di atas foto tersebut.

Ia juga memberikan tulisan “Saya memiliki dana” di bawahnya.

Cuitan tersebut tak lama kemudian telah dihapus.

Baca Juga: Duh, PM Kanada Justin Trudeau dan Keluarga Kabur ke Lokasi Rahasia karena Demonstrasi Antivaksin

Namun, apa yang dilakukan Musk itu diujat oleh Museum Auschwitz-Birkenau.

Dilansir dari The Guardian, museum tempat salah satu kamp konsentrasi Nazi itu menegaskan, penggunaan gambar Hitler oleh Musk merupakan bentuk tak menghormati memori dari semua korban dan menyakiti banyak orang.

Di Auschwitz sendiri diperkirkan 960.000 orang tewas karena kekejaman Nazi.

“Menggunakan gambar Adolf Hitler dan mengeksploitasi tragedi semua orang yang menderita, dihina, disiksa dan dibunuh oleh rezim totaliter Nazi Jerman yang diciptakan olehnya, sangat menyedihkan dan mengganggu,” bunyi pernyataan mereka.

Komite Yahudi Amerika juga menegaskan cuitan miliuner tersebut tak dapat diterima dan memintanya meminta maaf.

“Sekali lagi, Elon Musk telah membuat penilaian yang sangat buruk dengan menggunakan Hitler untuk menyampaikan pendapatnya di media sosial. Ia harus menghentikan perilaku yang tak dapat diterima itu,” bunyi pernyataan mereka.

“Musk mungkin merasa memposting meme membandingkan Justin Trudeau dengan diktator pembunuh yang menghabisi jutaan orang adalah cara yang tepat untuk mengkritisi kebijakan yang tak disetujuinya. Itu tidak benar. Ia harus minta maaf dan membuat cara lain untuk mengungkapkan ketidakpuasannya,” lanjutnya.

Baca Juga: Donald Trump dan Dua Anaknya Dipaksa Bersaksi, Diduga Terlibat Penipuan

Musk sendiri tidak merespons mengenai hujatan dan kritikan tersebut.

Ia malah memposting cuitan yang meminta pengikutnya membaca buku mengenai sejarah ekonomi Nazi Jerman untuk penjelasan mendalam.

Postingan Musk yang menyamakan Trudeau dengan Hitler merupakan respons terhadap laporan pemerintah Kanada yang memerintahkan pemblokiran donasi dalam bentuk mata uang kripto untuk para demonstran antivaksin.

Musk memang sebelumnya telah berulang kali menyuarakan dukungan kepada protes yang dilakukan para pengemudi truk Kanada.

Demonstrasi tersebut digelar untuk memprotes kewajiban vaksinasi Covid-19 bagi para pengemudi truk yang melintasi perbatasan Kanada-Amerika Serikat.



Sumber : The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x