Kompas TV internasional kompas dunia

Dihajar Badai Matahari, 40 Satelit SpaceX Remuk dan Jatuh ke Atmosfer

Kompas.tv - 10 Februari 2022, 04:00 WIB
dihajar-badai-matahari-40-satelit-spacex-remuk-dan-jatuh-ke-atmosfer
Peluncuran satelit Starlink SpaceX di Florida, Amerika Serikat pada 3 Februari 2022. Sehari setelah peluncuran, satelit SpaceX dihantam badai matahari dan 40 di antaranya diprediksi jatuh ke Bumi. (Sumber: Craig Bailey/Florida Today via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

LONDON, KOMPAS.TV - SpaceX dilaporkan kehilangan puluhan satelit akibat gelombang badai matahari atau badai geomagnetik. Kuatnya badai membuat satelit-satelit itu jatuh dari orbit dan akan terbakar di atmosfer Bumi.

Badai matahari disebabkan oleh ledakan kuat di permukaan matahari yang melontarkan plasma dan gaya magnetik yang dapat menyentuh Bumi.

Satelit-satelit itu diluncurkan pada 3 Februari 2022 lalu. Sebanyak 40 dari 49 satelit yang diluncurkan diperkirakan akan jatuh ke Bumi.

SpaceX meluncurkan satelit sebagai bagian dari proyek internet Starlink. Proyek ini membuat jaringan internet cepat melalui ribuan satelit di luar angkasa.

Baca Juga: Satelit SpaceX Hampir Tabrak Stasiun Luar Angkasa China, Elon Musk Dikecam

Tadinya, satelit SpaceX berhasil mengorbit “dengan terkontrol”. Namun, sehari usai peluncuran, badai matahari menerjang mereka.

“GPS pesawat menunjukkan eskalasi kecepatan dan keparahan badai menyebabkan gaya tarik atmosfer meningkat hingga 50 persen dari peluncuran sebelumnya,” tulis pernyataan SpaceX dikutip BBC.

SpaceX mengakut telah mengatur satelit-satelit itu dalam “mode aman” setelah dihantam badai. Namun, gaya tarik atmosfer yang terlalu kuat menyeret sekitar 40 di antaranya.

Meskipun dipastikan jatuh ke Bumi, debris satelit SpaceX diduga kuat tidak akan sampai menyentuh permukaan.

“Kejadian seperti ini adalah pengingat bahwa luar angkasa itu menantang, meluncurkan satelit atau astronot ke orbit mashlah tidak mudah,” kata Kepala Surveilans Badan Antariksa Inggris Raya Jacob Geer.

Baca Juga: Toilet Rusak, Astronaut NASA di SpaceX Terpaksa Pakai Popok dalam Perjalanan Pulang ke Bumi


 



Sumber : BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x