Kompas TV internasional kompas dunia

Ratu Denmark dan Raja Spanyol Dipastikan Positif Terinfeksi Covid-19

Kompas.tv - 9 Februari 2022, 22:16 WIB
ratu-denmark-dan-raja-spanyol-dipastikan-positif-terinfeksi-covid-19
Ratu Margrethe saat perayaan 50 tahun naik tahta pada pertengahan Januari 2022. Raja Spanyol dan Ratu Denmark dilaporkan positif terinfeksi Covid-19 dan mengalami gejala ringan, seperti dikatakan istana kerajaan masing-masing. (Sumber: Mads Claus Rasmussen/Ritzau Scanpix via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

COPENHAGEN, KOMPAS.TV — Ratu Denmark dan Raja Spanyol dinyatakan positif mengidap virus corona meski telah menjalani vaksinasi, demikian diumumkan pihak kerajaan masing-masing hari Rabu, (9/2/2022) seperti dilaporkan Associated Press.

Ratu Denmark Margrethe, 82 tahun, memiliki gejala Covid-19 ringan dan telah mengisolasi diri di istana Kopenhagen tempat dia tinggal.

Margrethe dinyatakan positif terkena virus hari Selasa malam (8/2/2022) dan membatalkan liburan yang direncanakan di Norwegia yang akan dimulai Rabu, kata salah satu keluarga kerajaan.

Pengumuman itu muncul beberapa minggu setelah Margrethe menandai 50 tahun bertakhta di monarki tertua di Eropa tersebut. Beberapa rencana perayaan ditunda hingga September karena pandemi Covid-19.

Baca Juga: Presiden Turki Erdogan dan Istri Umumkan Positif Terinfeksi Covid-19, Memohon Doa dari Semua

Raja Spanyol Felipe VI membetulkan masker saat acara kerajaan di Madrid bulan Maret 2021. Raja Spanyol dan Ratu Denmark dilaporkan positif terinfeksi Covid-19 dan mengalami gejala ringan, seperti dikatakan istana kerajaan masing-masing. (Sumber: AP Photo/Manu Fernandez, File)

Namun, ratu berpartisipasi dalam beberapa acara Yobel bulan ini, termasuk peletakan karangan bunga di makam orang tuanya di Katedral Roskilde, tempat para bangsawan Denmark dimakamkan sejak 1559. Ratu Denmark juga bertemu dengan pemerintah dan menghadiri resepsi di Parlemen.

Seperti Margrethe, Raja Spanyol Felipe VI juga sudah menjalani vaksinasi lengkap terhadap virus corona. Raja berusia 54 tahun itu menjalani tes Covid-19 setelah ia terlihat mengalami "gejala ringan" Covid-19, kata keluarga kerajaan Spanyol.

Istana kerajaan Spanyol menambahkan "kesehatannya secara keseluruhan" baik-baik saja dan dia akan tetap diisolasi selama tujuh hari, mengikuti protokol kesehatan nasional. Pihak kerajaan mengatakan Ratu Letizia tidak menunjukkan gejala apapun.

Dengan 90 persen populasinya yang berusia di atas 12 tahun telah menerima setidaknya dua dosis vaksin Covid-19, Spanyol mulai mengurangi pembatasan kesehatan setelah surutnya lonjakan terbaru yang didorong oleh varian omicron.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x