Kompas TV internasional kompas dunia

Kim Jong-Un Ungkap Target Utama Korea Utara di 2022, Ternyata Bukan Senjata Nuklir

Kompas.tv - 1 Januari 2022, 13:37 WIB
kim-jong-un-ungkap-target-utama-korea-utara-di-2022-ternyata-bukan-senjata-nuklir
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un saat menghadiri rapat Partai Buruh Korea, Selasa (28/12/2021). (Sumber: KCNA)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un mengungkapkan target utama negara tertutup tersebut pada 2022.

Alih-alih senjata nuklir atau Amerika Serikat (AS), Kim Jong-un menegaskan fokus utamanya adalah pengembangan ekonomi dan peningkatan kualitas kehidupan rakyat Korea Utara.

Hal itu diungkapkan Kim Jong-un pada pidatonya di akhir Rapat Pleno ke-4 Komite Sentral ke-8 Partai Buruh Korea, Jumat (31/12/2021).

Pertemuan itu bertepatan dengan peringatan 10 tahun kekuasaan Kim Jong-un secara efektif setelah mengambil alih kepemimpinan dari ayahnya, Kim Jong-il, pada 2011 lalu.

Baca Juga: Kim Jong-Un Terlihat Makin Kurus, Ternyata Sedikit Makan karena Korea Utara Krisis Pangan

Kim menggunakan pidato sebelumnya untuk membuat pengumuman kebijakan utama, termasuk meluncurkan keterlibatan diplomatik yang signifikan dengan Korea Selatan dan AS.

Tetapi pada rangkuman pidatonya yang dipublikasikan media Korea Utara, ia tak secara spesifik menyebut tentang AS.

Ia hanya menggunakan referensi terkait diskusi yang tak disebutkan secara jelas mengenai hubungan antar-Korea dan “masalah luar”.

Sedangkan fokus dalam negeri dari pidato itu menggarisbawahi krisis ekonomi yang dihadapi Kim Jong-un, di mana penguncian perbatasan anti-pandemi yang dipaksakan membuat Korea Utara lebih terisolasi daripada sebelumnya.

“Tugas pokok yang dihadapi tahun berikutnya adalah memberikan jaminan yang kokoh bagi terlaksananya rencana lima tahunan, dan melakukan perubahan-perubahan yang luar biasa dalam pembangunan nasional dan penghidupan rakyat,” ujar Kim Jong-un dikutip dari Al-Jazeera.

Pada sebagian besar pidatonya, Kim Jong-un mengungkapkan permasalahan dalam negeri, mulai dari rencana ambisius untuk pembangunan pedesaan, hingga pola makan masyarakat dan seragam sekolah.

Pemimpin berusia 37 tahun itu juga mengungkapkan mengenai kebutuhan yang diperlukan untuk menindak praktik non-sosialis.

Baca Juga: Gigit Pria yang Julurkan Lengan ke Kandang hingga Luka Serius, Harimau Bernama Eko Tewas Ditembak

Ia juga mengutip kemajuan militer yang tak disebutkan secara jelas sebagai pencapaian signifikan pada tahun lalu dan membahas mengenai tugas militan yang dihadapi pertahanan nasional pada 2022.

Selain itu, Kim Jong-un juga membicarakan mengenai pembentukan pabrik traktor dalam pidatonya.

Namun menurut analis asing, pembuatan pabrik traktor itu kemungkinan akan digunakan untuk membangun kendaraan peluncur rudal.

Mereka meyakini Korea Utara telah memperluas persenjataannya meskipun tengah menjalani lockdown.



Sumber : Al-Jazeera

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.