Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Isi Kotak Kapsul Berusia 134 Tahun yang Ditemukan di Bawah Monumen Tokoh Militer AS!

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 23:43 WIB
Penulis : Shinta Milenia

VIRGINIA, KOMPAS.TV - Pakar Konservasi di Kota Richmond, Virginia, Amerika Serikat menemukan kotak yang berisi sejumlah benda yang berasal dari tahun 1887.

Kotak yang disebut kapsul waktu itu, ditemukan di bawah monumen seorang tokoh militer Amerika Serikat, Robert Edward Lee.

Selama ini kotak yang berisi buku, uang, amunisi, dokumen, dan beberapa artefak tersebut memang sangat dicari.

Catatan perpustakaan Virgina menunjukkan bahwa lusinan penduduk, organisasi, dan bisnis di Kota Richmond menyumbangakan sekitar 60 obyek ke dalam kapsul waktu.

Kotak kapsul waktu tersebut memililki berat 36 Pon atau sekitar 16,3 kg dan ditemukan dalam kondisi basah.

Baca Juga: Rusia dan Amerika Serikat Berunding 10 Januari, Bahas Keamanan, Ukraina dan Pengendalian Senjata

Sebelum ditemukan, para pakar menduga kotak kapsul waktu ini berisi foto yang langka dan penting secara historis dari mendiang Presiden Abraham Lincoln.

Memang ada gambar yang dicetak dari surat kabar mingguan "Harper" edisi tahun 1865 yang menunjukkan suasana duka saat kematian Presiden Lincoln, tapi tampaknya foto tersebut tidak seperti yang diharapkan.

“Saya pikir kami bahkan tidak memiliki kesempatan untuk melihat hal-hal ini. Kami memperlakukannya sebagai artefak dan berkesempatan untuk memprosesnya dalam waktu dekat. Saat ini, kami hanya mencoba menstabilkannya dan akan dapat kembali mencari tahu apa yang dimiliki,” ucap Konservator Arkeologi Negara Bagian Virginia, Kate Ridgway.

Baca Juga: Bakamla: Pengamanan Perairan Natuna Dekat Laut China Selatan Tetap Jadi Prioritas di 2022




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x