Kompas TV internasional kompas dunia

Menilai Kualitas Jalan di Dunia: Singapura Terbaik, Indonesia?

Kompas.tv - 19 Desember 2021, 17:43 WIB
menilai-kualitas-jalan-di-dunia-singapura-terbaik-indonesia
Ilustrasi. Singapura menjadi negara dengan kualitas jalan tol terbaik di dunia menurut The Global Competitiveness Report yang disusun World Economic Forum (WEF). (Sumber: AFP)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - World Economic Forum (WEF) telah merilis The Global Competitiveness Report, yang mana salah satu isinya menyebut Singapura sebagai negara dengan kualitas jalan tol terbaik di dunia.

Melansir Kompas.com, Minggu (19/12/2021), Singapura berhasil menempati posisi tersebut setelah mendapatkan skor penilaian sebesar 6.50.

Di peringkat selanjutnya, ada Belanda dengan nilai 6.40, Swiss dengan skor 6.30, Hong Kong dan Jepang yang sama-sama mendapatkan skor 6.10.

Kemudian, di urutan keenam hingga kedelapan, ada Austria, Portugal, dan Uni Emirat Arab (UEA) yang juga mencetak skor serupa yaitu 6.00.

Baca Juga: Kenapa Putar Balik di Jalan Tol Dilarang? Ini Bahayanya

Perlu diketahui, penilaian terhadap kualitas jalan di atas pastinya sesuai dengan WEF Executive Opinion Survey yang telah berjalan lama dan ekstensif.

Survei tersebut memanfaatkan pendapat dari 14.000 lebih pemimpin bisnis yang tersebar di 144 negara seluruh dunia.

Adapun, penilaian dalam survei tersebut menggunakan skala dari satu hingga tujuh, yang mana angka paling tinggi menunjukan kualitas yang terbaik.

Menariknya, pertanyaan yang diberikan untuk menilai kualitas jalan menurut standar internasional, jumlahnya hanya satu butir.

Baca Juga: Baru Tahu Rest Area Jalan Tol Ada Tipe-Tipenya? Simak Penjelasan Berikut

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia sendiri, dalam laporan tersebut, menempati urutan ke-59 dengan skor 4.20 atau sama dengan El Salvador, Yordania, dan Nikaragua.

Skor Indonesia masih berada di bawah negara Asia Tenggara yang lain, yakni Thailand yang memperoleh nilai 4.40 dan menempati peringkat ke-56.

Seperti yang diketahui bersama, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggenjot pembangunan infrastruktur konektivitas seperti jalan nasional dan tol.

Pada periode 2019-2024 saja, Kementerian PUPR berencana membangun 3.000 kilometer jalan nasional serta 2.274 kilometer jalan bebas hambatan berbayar atau tol.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x