Kompas TV internasional kompas dunia

Kunjungi Indonesia, Menteri Luar Negeri AS Bahas Kerjasama Strategis

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 08:10 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Penanganan pandemi covid-19, baik di Indonesia maupun Amerika Serikat maupun di dunia jadi salah satu topik bahasan antara Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dan Presiden Joko Widodo.

Dalam pertemuan itu juga dibicarakan pentingnya membangun sistem kesehatan yang mampu menghadapi pandemi serupa di masa depan.

Dalam wawancara khusus Jurnalis Kompas TV, Frisca Clarissa dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony J Blinken disebutkan bahwa Presiden Joe Biden berkomitmen pada kemitraan strategis.

Menlu AS menyebutkan kemitraan ini dilakukan beragam tingkat atau level yang berbeda.

Antony menambahkan, hal-hal yang dilakukan secara bilateral ataupun secara langsung bersama-sama, yang menurutnya akan meningkatkan kehidupan masyarakat di kedua negara.

Baca Juga: Bertemu Menlu AS, Jokowi Berharap Amerika Serikat Jadi Mitra Indonesia di 3 Bidang Ini

Menteri Luar Negeri AS ini juga menyatakan secara regional, Indonesia memainkan peran penting, termasuk di ASEAN dan bahkan secara global mengemban kepemimpinan G20, 20 negara dengan tingkat ekonomi terbesar di dunia.

"Indonesia akan memainkan peran yang sangat-sangat penting tahun depan." ujar Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony J Blinken.

Presiden Jokowi dan Joe Biden melakukan percakapan yang baik dan panjang ketika mereka bersama di Glasgow, pertemuan COP 26.

"Sebenarnya, durasi pertemuan itu dua kali lebih lama, karena begitu banyak yang harus dibicarakan." tambahnya.

Hal tersebut dinilai sebagai bukti komitmen terhadap hubungan Indonesia-Amerika Serikat. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x