Kompas TV internasional kompas dunia

Beredar Video Peng Shuai Muncul di Beijing, WTA Curiga Ada Rekayasa

Kompas.tv - 21 November 2021, 20:24 WIB
beredar-video-peng-shuai-muncul-di-beijing-wta-curiga-ada-rekayasa
Video yang dirilis pada Sabtu (20/11/2021) menunjukkan Peng Shuai sedang berada di sebuah restoran di Beijing, China. (Sumber: Tangkapan layar video Hu Xijin via Twitter)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

BEIJING, KOMPAS.TV - Petenis kenamaan China yang menghilang sejak awal November, Peng Shuai muncul di Beijing pada Sabtu (20/11/2021). Kemunculannya dibagikan dalam video yang beredar di media sosial.

Peng menghilang sejak menuduh mantan wakil perdana menteri China, Zhang Gaoli, melakukan kekerasan seksual terhadapnya. Komunitas internasional pun mendesak Beijing mengungkapkan kondisi sang petenis dan membolehkan komunikasi langsung kepadanya.

Video penampilan publik Peng Shuai diunggah oleh Hu Xijin, pemimpin redaksi media pemerintah China, Global Times.

Baca Juga: Petinggi Partai Komunis China Diduga Cabuli Petenis, Serena Williams: Kita Jangan Diam

Dalam video terlihat Peng sedang makan di restoran bersama pelatih dan teman-temannya. 

Hu Xijin kemudian mengunggah video Peng Shuai menghadiri upacara pembukaan turnamen Fila Kids Junior Tennis Challenger di Beijing. Fotografer Global Times juga mengabadikan momen tersebut.

Sebelumnya, Xijin mengklaim bahwa menurut sumbernya, Peng Shuai dalam keadaan baik-baik saja. Ia menyebut juara WTA Finals itu “bebas dan tidak mau diganggu”.

Meskipun demikian, Asosiasi Tenis Wanita (WTA) menyebut bukti video tersebut “tidak cukup”. WTA ragu apakah video itu hanya rekayasa dan direkam tanpa paksaan.

“Meskipun positif bisa melihat dia, masih belum jelas apakah dia bebas dan bisa membuat keputusan sendiri tanpa koersi atau campur tangan pihak lain,” kata Ketua WTA Steve Simon dikutip Al Jazeera.

Simon dan organisasinya mengambil sikap tegas sejak Peng Shuai hilang. Kecuali Peng Shuai terbukti dalam keadaan baik-baik saja, mereka mengancam akan memutus kerja sama dengan China dan tak akan mengadakan acara di sana.

“Video ini tidaklah cukup (sebagai bukti). Hubungan kami dengan China sedang berada di persimpangan,” imbuh Simon.

Baca Juga: Diam Saja Saat Peng Shuai Hilang, IOC Dikecam

Insiden Peng Shuai menambah daftar figur berpengaruh yang hilang usai mengkritik pejabat atau pemerintah China beberapa tahun belakangan. 

Sejumlah tokoh yang hilang muncul kembali ke publik tanpa penjelasan; memunculkan kekhawatiran atas apa yang mereka alami.

Tidak hanya WTA yang mendesak China atas kasus Peng Shuai. Bintang tenis seperti Novak Djokovic serta organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga demikian.

Berbagai kalangan mendesak diizinkannya komunikasi langsung dengan Peng Shuai untuk memastikan kondisinya.

 




Sumber : Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x