Kompas TV internasional kompas dunia

Waspada, 1.251 Orang Meninggal Akibat Covid-19 di Rusia

Kompas.tv - 19 November 2021, 05:05 WIB
waspada-1-251-orang-meninggal-akibat-covid-19-di-rusia
Sejumlah warga Rusia tampak mengenakan masker di depan Katedral Santo Basil di Moskow, Rusia. Angka kematian akibat Covid-19 di Rusia kembali memecahkan rekor hari kedua berturut-turut pada Kamis (18/11/2021). (Sumber: Straits Times via AFP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV – Angka kematian akibat Covid-19 di Rusia kembali memecahkan rekor hari kedua berturut-turut pada Kamis (18/11/2021). Tren kasus baru harian tampaknya melandai, namun tetap tinggi dibandingkan gelombang pandemi sebelumnya.  

Melansir Associated Press, satgas Covid-19 Rusia melaporkan, sebanyak 1.251 orang telah meninggal dunia sejak sehari sebelumnya.

Angka ini merupakan yang tertinggi sejak gelombang wabah pertama melanda Rusia pada Maret 2020. Sebanyak 1.247 kematian tercatat terjadi pada Rabu (17/11/2021).

Baca Juga: Lagi, Rusia Pecahkan Rekor Kematian akibat Covid-19

Satgas Covid-19 Rusia juga melaporkan 37.374 kasus terkonfirmasi baru. Hingga pekan ini, otoritas Rusia telah mencatat kasus harian yang lebih tinggi dibandingkan pada akhir Oktober.

Terkait lonjakan penularan dan kematian ini, para ahli kesehatan menyalahkan rendahnya tingkat vaksinasi dan minimnya tindakan pencegahan publik. Dari total populasi Rusia sebanyak 146 juta jiwa, persentase mereka yang telah divaksin secara lengkap kurang dari 40 persen.

Padahal negeri beruang merah itu telah menyetujui vaksin Covid-19 yang dikembangkan di dalam negeri berbulan-bulan sebelum negara-negara lain melakukan hal serupa.

Demi mendongkrak tingkat imunisasi, pembatasan baru, kata pemerintah, akan diberlakukan pada tahun depan.

Pembatasan akses juga diberlakukan terhadap tempat-tempat publik, juga kereta dan penerbangan domestik maupun internasional, bagi mereka yang telah divaksin lengkap, telah sembuh dari Covid-19 atau secara medis dikecualikan dari vaksinasi.

Baca Juga: Jerman dan Prancis Kecam Rusia atas Uji Coba Rudal Penghancur Satelit

Sementara itu, pihak berwenang mendesak agar rakyat Rusia segera divaksin.

Secara total, telah dilaporkan lebih dari 9,2 juta kasus penularan terkonfirmasi dan lebih dari 260.000 kematian akibat Covid-19. Sejauh ini, angka ini merupakan jumlah kematian tertinggi di Eropa. Sejumlah ahli meyakini bahwa jumlah aslinya bahkan lebih tinggi.

Dinas statistik Rusia Rosstat melaporkan, penghitungan kematian terkait virus corona secara surut mengungkap kematian yang jauh lebih tinggi. Menurut Rosstat, sebanyak 462.000 orang dengan Covid-19 meninggal antara April 2020 hingga September tahun ini. 

Baca Juga: Taliban Parade Militer, Pamerkan Kendaraan Tempur Rampasan dari AS dan Helikopter Rusia

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x