Kompas TV internasional kompas dunia

Singapura Akan Izinkan WNI Masuk Wilayahnya Tanpa Karantina

Kompas.tv - 16 November 2021, 14:31 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Singapura akan memperluas skema jalur perjalanan yang divaksinasi atau VTL ke lebih banyak negara mulai 29 November. Pendatang dari negara yang masuk program VTL ini nantinya tak diwajibkan menjalani karantina setibanya di Singapura.

Pemerintah Singapura akan meluncurkan VTL dengan India dan Indonesia mulai 29 November. Selain itu VTL akan dilakukan dengan Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA) mulai 6 Desember.

Baca Juga: Diprotes karena Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Singapura Minta Maaf

Sebelumnya Singapura telah membuka VTL ini dengan 16 negara lain. Tiga belas di antaranya sudah berlaku, dan tiga lagi dengan Malaysia, Swedia dan Finlandia akan dimulai pada 29 November.

Meski bisa masuk ke wilayah Singapura tanpa menjalani proses karantina, pelancong dari negara-negara dalam daftar VTL wajib menjalani beberapa syarat.

Baca Juga: Simak Syarat Wisata ke Thailand Untuk Turis Mancanegara

Beberapa syarat di antaranya adalah harus divaksinasi lengkap dengan vaksin yang sudah mendapat izin darurat dari WHO, setidaknya dia minggu sebelum kedatangan di Singapura. Kemudian, harus menunjukkan bukti vaksinasi resmi, seperti PeduliLindungi, untuk yang divaksinasi di Indonesia. 

Mampu menunjukkan hasil tes PCR atau antigen negatif sebelum keberangkatan yang sampelnya diambil dalam waktu maksimal dua hari sebelum keberangkatan ke Singapura. Selain itu, harus menjalani tes PCR saat kedatangan di Singapura dan mengisolasi diri sambil menunggu rilis hasil tes.

Video editor: Jihan Zahirah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x