Kompas TV internasional kompas dunia

Astronot Wang Yaping Jadi Perempuan China Pertama yang Berjalan Kaki di Luar Angkasa

Kompas.tv - 8 November 2021, 22:17 WIB
astronot-wang-yaping-jadi-perempuan-china-pertama-yang-berjalan-kaki-di-luar-angkasa
Astronot China Wang Yaping keluar dari modul inti stasiun luar angkasa China dan menjadi perempuan China pertama yang berjalan kaki di luar angkasa, Minggu (7/11/2021). (Sumber: Xinhua via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

BEIJING, KOMPAS.TV - Astronot Wang Yaping mencatatkan diri sebagai perempuan China pertama yang berjalan kaki di luar angkasa pada Minggu (7/11/2021). Wang berjalan di antariksa saat bekerja di stasiun luar angkasa China.

Wang dan koleganya, Zhai Zhigang, keluar dari modul inti stasiun dan bekerja di luar selama lebih dari enam jam. Menurut Badan Antariksa China, mereka bertugas memasang peralatan dan melakukan serangkaian tes di lengan layanan robotik stasiun tersebut.

Sementara itu, astronot ketiga, Ye Guangfu, membantu dari dalam stasiun.

Sebelum Wang, terdapat beberapa astronot perempuan yang pernah berjalan kaki di antariksa. Kosmonot Uni Soviet, Svetlana Savitskaya adalah yang pertama melakukannya pada 1984.

Baca Juga: 2 Astronot China Lakukan Spacewalk Keluar Modul Stasiun Luar Angkasa

Wang dan Zhai diterbangkan ke stasiun luar angkasa China untuk misi yang akan berlangsung selama enam bulan. Zhai sendiri merupakan astronot China pertama yang berjalan di antariksa 13 tahun silam.

Misi yang dilakukan Wang, Zhai, dan Ye Guangfu merupakan bagian dari langkah China yang hendak mengembangkan stasiun luar angkasanya.

Rencananya, China hendak menghubungkan modul inti Tianhe dengan dua modul baru, Mengtian dan Wentian. Pengembangan ini diperkirakan membuat stasiun luar angkasa China kelak berbobot 66 ton.

Astronot yang bertugas rencananya akan melakukan tiga kali jalan kaki di antariksa. Tujuannya adalah memasang peralatan untuk mempersiapkan pengembangan stasiun luar angkasa.

Selain itu, para astronot juga akan meninjau kelayakan tinggal di modul Tianhe serta melakukan sejumlah eksperimen.

Baca Juga: Pernah Lihat Astronot Keramas di Luar Angkasa? Simak Video Ini...


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x