Kompas TV internasional kompas dunia

Pesawat Terpaksa Mendarat karena Darurat Medis di Spanyol, Ternyata Hanya Tipu Muslihat Migran

Kompas.tv - 8 November 2021, 19:39 WIB
pesawat-terpaksa-mendarat-karena-darurat-medis-di-spanyol-ternyata-hanya-tipu-muslihat-migran
Ilustrasi pesawat Air Arabia. Situasi darurat medis memaksa penerbangan Air Arabia mendarat di Mallorca, Spanyol. Tetapi hal itu diduga sekadar tipu muslihat migran ilegal. (Sumber: Air Arabia via Facebook)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

MALLORCA, KOMPAS.TV - Sebuah pesawat maskapai Air Arabia terpaksa mendarat darurat di Mallorca, Spanyol pada Jumat (5/11/2021). Pilot terpaksa melakukan pendaratan darurat karena situasi darurat medis yang dialami salah seorang penumpang.

Akan tetapi, ternyata situasi itu hanya akal-akalan saja. Sebanyak 24 migran ilegal diduga bersekongkol membuat tipu muslihat agar bisa lolos ke Eropa.

Kejadian ini dialami pesawat Air Arabia yang terbang dari Casablanca, Maroko ke Istanbul, Turki. Di tengah perjalanan, seorang warga Maroko dilaporkan koma akibat diabetes.

Baca Juga: Jerman Selamatkan Kapal yang Ditumpangi 800 Migran

Pilot pun terpaksa membelokkan penerbangan ke bandara terdekat, yakni Bandara Palma de Mallorca.

Otoritas mulai menyadari keanehan ketika pada saat mendarat, sebanyak 21 penumpang kabur dengan melompati pagar bandara. 

Setelah mendarat darurat, penumpang yang dilaporkan koma segera dibawa ke rumah sakit ditemani seorang penumpang. Setelah dicek, ternyata penumpang koma itu sehat walafiat.

Seorang penumpang yang menemani ke rumah sakit pun menghilang.

Malang bagi para migran, aparat Guardia Civil menangkap sebagian besar penumpang yang kabur. Otoritas Spanyol menahan 12 orang, sedangkan 12 lain masih dicari.

Kepolisian sedang menginvestigasi apakah aksi kabur ini adalah aksi spontan atau telah direncanakan.

Akibat kejadian ini, Bandara Palma de Mallorca sempat ditutup selama empat jam. Juga, sebanyak 60 penerbangan domestik serta internasional tertunda.

Baca Juga: Gagal Mendarat Kedua Kali, Pesawat Antonov AN-12 Belarus Jatuh di Rusia


 



Sumber : BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x