Kompas TV internasional kompas dunia

Demi Kurangi Polusi dan Kemacetan, Hanoi Luncurkan Jalur Kereta Komuter Perkotaan Pertamanya

Kompas.tv - 6 November 2021, 16:19 WIB
demi-kurangi-polusi-dan-kemacetan-hanoi-luncurkan-jalur-kereta-komuter-perkotaan-pertamanya
Sebuah kereta keluar dari stasiun Cat Linh, di dekat pusat Hanoi, Vietnam, untuk memulai perjalanan 13 km menuju timur kota yang padat penduduk itu. Hanoi, Sabtu (6/11/2021), meresmikan jalur kereta komuter perkotaan pertamanya. (Sumber: Straits Times via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

HANOI, KOMPAS.TV - Hanoi, Sabtu (6/11/2021), meresmikan jalur kereta komuter perkotaan pertamanya sebagai bagian dari upaya untuk menekan kepadatan lalu lintas dan polusi yang telah lama mengganggu ibu kota Vietnam tersebut. Lebih dari 5 juta sepeda motor berlalu lalang di Hanoi.

Seperti dilansir Straits Times yang mengutip AFP, setelah bertahun-tahun tertunda dengan biaya konstruksi hampir dua kali lipat, sebuah kereta api keluar dari stasiun Cat Linh, dekat dengan pusat kota, untuk memulai perjalanan 13 km menuju timur Hanoi yang padat penduduk.

"Saya memutuskan untuk mencoba ini karena saya penasaran," kata Nguyen Thi Thu di dalam gerbong kereta buatan China yang dipadati penumpang.

"Saya sangat senang bisa berkendara setelah semua penundaan."

Penumpang lain muncul lebih awal untuk berpose di depan kereta baru yang mengilap, sementara anak-anak kecil di dalam kereta menatap heran dari jendela besar ke arah cakrawala Hanoi saat melintas.

Hanoi yang berpenduduk sembilan juta orang terkenal karena kepadatan populasi sepeda motornya yang membahayakan pejalan kaki dan menghasilkan polusi udara.

Menurut kepolisian Hanoi, jumlah sepeda motor di jalan melonjak dari 2 juta pada 2008 menjadi 5,7 juta unit tahun lalu.

Jumlah mobil juga meroket pada periode yang sama, dari 185.000 menjadi 700.000 unit.

Baca Juga: Vietnam Awal 2022 Ekspor Perdana Mobil Listrik Nasional ke Amerika Serikat dan Eropa

Hanoi, Sabtu (6/11/2021), meresmikan jalur kereta api perkotaan pertamanya. Ibu kota Vietnam itu adalah kota dengan lebih dari lima juta sepeda motor. (Sumber: VN Express International Newspaper)

Penduduk Hanoi sering menghabiskan berjam-jam terjebak dalam antrean, dengan sedikit warga yang memilih untuk naik bus, satu-satunya pilihan transportasi umum yang tersedia sampai sekarang.

Lalu lintas yang mengerikan juga merupakan sumber utama polusi udara di ibu kota, menurut departemen perlindungan lingkungan Hanoi.

Kota ini sering mencatat tingkat indeks kualitas udara yang "tidak sehat" selama bulan-bulan musim dingin.

Pejabat Kementerian Transportasi Vu Hong Son, Sabtu, yakin kereta api akan mengatasi banyak masalah tersebut.

Ini akan membantu "mengurangi kemacetan lalu lintas, membatasi kendaraan pribadi, mengurangi pencemaran lingkungan dan berkontribusi pada perubahan pergerakan dalam kota", katanya.

Jalur Cat Linh-Ha Dong memakan waktu satu dekade untuk diselesaikan, dengan konstruksinya yang terputus beberapa kali karena masalah keselamatan dan biaya yang melonjak yang menyebabkan pengeluaran menjadi hampir 900 juta dolar AS dari anggaran awalnya 550 juta dolar AS.

Sembilan jalur lagi direncanakan untuk 2030, dan pihak berwenang bulan lalu melontarkan gagasan untuk memasang gerbang tol di pintu ibu kota, serta pusat bisnis Kota Ho Chi Minh, untuk menekan jumlah mobil yang ingin masuk.

Namun masih belum jelas apakah warga akan bersedia meninggalkan sepeda dan sepeda motor mereka.

"Butuh waktu lama untuk mengubah kebiasaan masyarakat," kata Ms Thu.



Sumber : Kompas TV/Straits Times/AFP


BERITA LAINNYA



Close Ads x