Kompas TV internasional kompas dunia

Bandara Dibuka Setelah 20 Bulan Tutup, Warga Australia Berkumpul Kembali Dengan Keluarga

Kompas.tv - 1 November 2021, 11:08 WIB
bandara-dibuka-setelah-20-bulan-tutup-warga-australia-berkumpul-kembali-dengan-keluarga
Warga Australia yang baru datang dari Los Angeles, Amerika Serikat, akhirnya dapat berkumpul kembali bersama keluarga dan orang-orang terkasih setelah bandara Sydney dibuka kembali pada Senin, 1 November 2021. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Purwanto

CANBERRA, KOMPAS.TV — Bandara internasional Sydney menjadi penuh dengan air mata, pelukan dan tawa ketika perbatasan Australia dibuka untuk pertama kalinya dalam 20 bulan terakhir, Senin (1/11/2021).

Beberapa warga yang datang, tampak merobek masker mereka ketika bertemu dengan orang-orang yang mereka cintai, setelah terpisah demikian lama. 

“Bisa pulang kembali ke Australia tanpa harus melakukan karantina adalah hal yang sangat besar,” kata Carly Boyd kepada wartawan di Bandara Kingsford-Smith Sydney.

“Ada banyak orang dalam penerbangan ini yang memiliki orang-orang terkasih mereka yang akan meninggal, atau telah meninggal dalam minggu ini. Bagi mereka untuk dapat turun dari pesawat dan melihat orang-orang terkasih secara langsung adalah hal yang luar biasa,” tambah Boyd seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: Bertemu PM Australia, Presiden Jokowi Usulkan Kerja Sama Saling Pengakuan Sertifikat Vaksin

Australia bertaruh bahwa tingkat vaksinasi saat ini sudah cukup tinggi untuk mengurangi bahaya dan membuka pintu bagi pendatang internasional, setelah melakukan kontrol perbatasan paling ketat dan paling lama di dunia selama pandemi virus corona. 

Thailand juga telah membuka kembali perbatasannya pada Senin. Turis yang divaksinasi lengkap yang datang melalui udara dari 46 negara dan wilayah, tidak lagi harus dikarantina dan dapat bergerak dengan bebas. Pembatasan lokal seperti jam malam di beberapa daerah pun sudah dicabut.

Sebelum pandemi, Sydney adalah bandara internasional tersibuk di Australia, tetapi selama pandemi bandara ini sangat sepi.

Baca Juga: Australia Sepakati Soal Kerja Sama Bidang Ekonomi Hijau dan Transisi Energi di Indonesia

Warga Australia yang telah divaksinasi lengkap, dapat pulang tanpa dikarantina di hotel selama dua minggu. Kini karantina hanya berlaku bagi warga Australia yang ingin pulang, tetapi belum divaksinasi. 

Sydney adalah bandara Australia pertama yang mengumumkan akan dibuka kembali pada hari ini, karena New South Wales adalah negara bagian pertama di negara tersebut yang telah memvaksinasi 80% penduduk berusia 16 tahun ke atas secara lengkap. 

Melbourne dan dan ibu kota nasional Canberra juga dibuka pada hari Senin, setelah negara bagian Victoria dan Wilayah Ibu Kota Australia mencapai target vaksinasi.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x