Kompas TV internasional kompas dunia

Kota Cologne di Jerman Izinkan Suara Azan Berkumandang dari Masjid

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 08:17 WIB
kota-cologne-di-jerman-izinkan-suara-azan-berkumandang-dari-masjid
Salah satu masjid yang berada di Kota Cologne, Jerman. Pada Senin, 11 Oktober 2021, pemerintah kota ini mengizinkan suara azan berkumandang dari masjid, satu kali dalam seminggu ketika salat Jumat. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

BERLIN, KOMPAS.TV - Kota Cologne di Jerman mulai mengizinkan masjid-masjid untuk mengumandangkan azan.

Azan dapat disiarkan selama lima menit setiap minggu untuk salat Jumat. Hal ini diungkapkan Juru Bicara Kota Cologne, Katja Reuter, Senin (11/10/2021).

Namun seperti dikutip dari The Associated Press, masjid-masjid di Cologne harus mengajukan izin khusus agar dapat menyiarkan panggilan salat ini. Inisiatif ini akan berlaku selama dua tahun, untuk kemudian dievaluasi kembali.

Baca Juga: Tidak Ada Adzan Berkumandang, Membuat Suasana Ramadan di Bristol Inggris Sangat Berbeda

Walikota Cologne menyambut baik keputusan tersebut.

Selain suara lonceng gereja, kita juga mendengar suara muazin. itu menunjukkan bahwa di Cologne keragaman dihargai dan dihayati. Mengizinkan panggilan azan dari muazin adalah tanda hormat (kepada umat muslim)," cuit Walikota Henriette Reker pekan lalu dalam akun Twitternya.

Cologne merupakan salah satu kota besar di Jerman, dimana lonceng gereja berbunyi setiap hari. Di kota ini bahkan terdapat katedral besar, yang merupakan peninggalan dari abad pertengahan.

Baca Juga: Pelaku Adzan dengan Seruan Jihad Minta Maaf

Namun di sisi lain, kota yang berpenduduk 1 juta jiwa ini memiliki komunitas Muslim terbesar di Jerman. Di kota ini juga terdapat sekitar 35 masjid. Mayoritas Muslim di Jerman awalnya datang dari Turki sebagai pekerja, 60 tahun yang lalu. Mereka kemudian menetap di Jerman dan membawa keluarga mereka.

Di Jerman hanya beberapa rumah ibadah Muslim lainnya yang telah mengumandangkan azan. Di kota Oer-Erkenschwick dan Dueren, telah menyiarkan azan selama bertahun-tahun.
 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x