Kompas TV internasional kompas dunia

Begini Reaksi Penonton Saat Melihat Penampilan Chicago Balinese Gamelan di Morton Arboretum

Kompas.tv - 29 September 2021, 12:41 WIB
Penulis : Reny Mardika

KOMPAS.TV - Dengan meningkatnya presentase orang yang mendapatkan vaksin, acara kesenian dan konser music semakin marak di Chicago, sebagai salah satu kota dengan konsentrasi pelaku dan pecinta seni yang sangat kental. Tak ingin ketinggalan, budaya Indonesia pun ikut unjuk gigi.

Bertempat di destination Asia Festival di Morton Arboretum, Chicago Friends of The Gamelan dan Chicago Balinese Gamelan menampilkan musik dan tarian Bali.

Penampilan kedua grup ini sukses membuat ratusan orang yang datang ke Morton Arboretum terpesona.

Mereka menyatakan mereka seakan merasakan bahwa setiap gerakan tarian mempunyai arti yang mendalam. Yang menarik, kedua grup ini beranggotakan orang Amerika pecinta budaya Indonesia.  

"Kami menyukai pertunjukan ini, budaya yang berbeda, kami suka semua penarinya, gerakannya, cara mereka menari, tersenyum, semua sangat indah," kata Kenzel Kerzsky, salah satu penonton.

Pada hari Minggu (26/9/2021) Chicago Balinese Gamelan tampil di konser tahunan yang diadakan setiap musim gugur dan musim semi di Epiphany Center for The Arts, Chicago.

Chicago Balinese Gamelan, sebagai non-profit, juga menggunakan acara ini sebagai kesempatan untuk mengumpulkan dana dari donatur dan pecinta budaya yang hadir.

Claire Fassnacht, Direktur dari Chicago Balinese Gamelan menyatakan menjadi tantangan tersendiri berlatih dan tampil di masa pandemi seperti saat ini.

"Para pemusik dan penari berlatih 2 kali seminggu sepanjang musim panas ini, baik via zoom atau tatap muka, hanya untuk penampilan terbaik hari ini. Apresiasi dari penonton di sini menakjubkan, dan juga saat kita mengunggah di media sosial, kami banyak mendapat "like" dari warga AS dan Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Konsulat Jenderal RI Chicago, Meri Binsar Simorangkir, menyampaikan rasa bahagianya akan suksesnya acara ini. 

Hal ini tentunya sesuai dengan misi Konsulat Jenderal RI di Chicago yang bertujuan untuk membuat budaya Indonesia dikenal dan dicintai bukan hanya oleh orang Amerika tapi juga oleh orang setempat di daerah Chicago dan Midwest.

Rencananya, Chicago Balinese Gamelan akan menggelar pada musim semi di bulan Mei 2022 dengan mengundang bintang tamu yang didatangkan langsung dari Bali.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x