Kompas TV internasional kompas dunia

Sang Bagaskara Tampilkan Seni Gamelan di Festival Ruido 2021

Kompas.tv - 26 September 2021, 15:21 WIB
Penulis : Edika ipelona

BUENOS AIRES, KOMPAS.TV – Sang Bagaskara adalah kelompok gamelan binaan KBRI Buenos Aires yang beranggotakan warga Argentina, secara rutin menampilkan pertunjukan gamelan di Argentina.

Mereka tampil di Pusat Kebudayaan Kirchner (Centro Cultural Kirchner/CCK) dan menjadi salah satu segmen di Festival Ruido 2021. Sebuah festival yang sangat dinanti-nantikan warga Argentina.

Penonton sangat antusias menonton pertunjukan gamelan ini. Sampai-sampai, 220 tiket yang dijual ludes hanya dalam waktu 18 menit.

Baca Juga: Gamelan Masuk Nominasi Warisan Budaya Unesco 2021, Tempe Juga akan Diajukan

Sisjugo T. Siswojo, penyusun komposisi gamelan jawa klasik menjadi pembuka penampilan Sang Bagaskara. Gending tradicional seperti Manyar Sewu, Puspowarno Minggah Talu, Subokastowo Minggah Srepeg Songo, Bendrong, dan Udan Mas dimainkan dengan indah dan mengundang tepuk tangan dari penonton.

Tak hanya itu, Sang Bagaskara juga melakukan kolaborasi dengan ZYPCE, komposer ternama di Argentina. Mash-up yang mereka buat adalah gabungan komposisi tradisional dan komposisi modern. Keduanya menggabungkan gamelan dengan lagu modern seperti We Will Rock You dari Queen.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x