Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden Titip 3 Pesan Ini ke Jokowi Soal Covid-19

Kompas.tv - 23 September 2021, 15:02 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menitip tiga pesan utama kepada Presiden RI Joko Widodo dan pemimpin dunia lainnya untuk melawan pandemi Covid-19 saat ini.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan tiga pesan ini diutarakan oleh Joe Biden dalam Global Covid-19 summit yang digelar virtual di sela-sela Majelis Umum ke-76 PBB.

"Presiden AS menyampaikan tiga hal yang harus dilakukan pemimpin dunia sekarang, segera, saat ini juga. Pertama, kita harus berkomitmen bersama-sama, seluruh pimpinan dunia, untuk segera vaksinasi umat manusia secepat-cepatnya," kata Budi dalam jumpa pers virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu (23/9).

Baca Juga: Pesan Joe Biden kepada Pimpinan Dunia dalam Global Covid-19 Summit, Soal Nyawa Manusia

Menkes Budi menjelaskan hal kedua yang diutarakan Biden dalam pertemuan itu adalah mengajak pemimpin dunia mempersiapkan seluruh alat kesehatan, obat-obatan, dan hal lainnya dibutuhkan dalam menghadapi pandemi ini mulai dari kebutuhan oksigen, sarana testing hingga tracing, hingga vaksinasi dan obat-obatan.

Sedangkan hal ketiga, Biden mengatakan pemimpin dunia harus membangun arsitektur ketahanan kesehatan global.

"Kita harus mempersiapkan bagaimana pembiayaan kesehatan dunia bisa ditata lebih baik sehingga kalau ada negara di dunia alami masalah kesehatan bisa segera dibantu, sama seperti ketika ada negara yang tengah kesulitan keuangan yang bisa dibantu badan internasional seperti IMF," ucap Budi.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x