Kompas TV internasional kompas dunia

India Suntikkan 8,8 Juta Dosis Vaksin Sehari dan Catat Infeksi Harian Terendah

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 16:48 WIB
india-suntikkan-8-8-juta-dosis-vaksin-sehari-dan-catat-infeksi-harian-terendah
India mencatatkan rekor pemberian lebih dari 8,8 juta dosis vaksin Covid-19 dalam 24 jam terakhir, menurut data pemerintah, Selasa (17/8/2021). (Sumber: Straits Times via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

NEW DELHI, KOMPAS.TV - India mencatatkan rekor pemberian lebih dari 8,8 juta dosis vaksin Covid-19 dalam 24 jam terakhir, menurut data pemerintah, Selasa (17/8/2021). Jumlah tersebut mendekati rekor tertinggi dalam upaya India dalam mempercepat kampanye untuk memvaksinasi semua orang dewasa yang memenuhi syarat pada bulan Desember.

Lonjakan vaksinasi datang bersamaan dengan penurunan tajam pada tingkat infeksi baru harian yang turun menjadi 25.166 kasus infeksi baru, terendah sejak 16 Maret, seperti yang dinyatakan oleh Kementerian Kesehatan.

India melakukan salah satu upaya vaksinasi Covid-19 terbesar di dunia dan sejauh ini telah menyuntikkan 554 juta dosis, yang berarti setidaknya satu dosis untuk sekitar 46 persen dari perkiraan 944 juta orang dewasa.

Hanya sekitar 13 persen dari populasi yang memiliki dua dosis injeksi yang diperlukan.

Setelah mencapai rekor tertinggi 9,2 juta dosis pada 21 Juni, laju vaksinasi harian turun menjadi rata-rata sekitar 4,2 juta pada Juli, menurut data yang dikumpulkan dari portal vaksinasi pemerintah.

Baca Juga: Kabur ke India saat Taliban Kuasai Kabul, Sosok Ini Sebut Perempuan Afghanistan Tak Lagi Miliki Hak

Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada seorang wanita di Hyderabad, India, pada 24 Juni 2021. (Sumber: Xinhua)

Dalam dua minggu pertama bulan Agustus, India memberikan rata-rata sekitar lima juta dosis setiap hari.

Para ahli mengatakan India perlu memberikan 10 juta dosis setiap hari untuk mencapai target memvaksinasi semua orang dewasa pada bulan Desember nanti.

"Untuk setiap hari kita gagal, target yang dibutuhkan naik lebih jauh," kata Dr Rijo John, ekonom kesehatan dan profesor di Rajagiri College of Social Sciences di kota selatan Kochi.

"Secara realistis, saya tidak berpikir kita akan dapat mencakup semua orang dewasa sepenuhnya pada akhir tahun ini."

Keseluruhan beban kasus Covid-19 India pada hari Selasa mencapai 32,25 juta, tertinggi kedua secara global di belakang Amerika Serikat.

Negara itu melaporkan 437 kematian selama 24 jam terakhir, menambah jumlah korban meninggal akibat Covid-19 menjadi 432.079 orang, kata pemerintah India.



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x