Kompas TV internasional kompas dunia

Wow! Ferrari Luncurkan Mobil Sport Hybrid 296 GTB dengan Tenaga 830 HP

Kompas.tv - 27 Juni 2021, 13:14 WIB
wow-ferrari-luncurkan-mobil-sport-hybrid-296-gtb-dengan-tenaga-830-hp
Produsen mobil balap dan sport berlogo kuda jingkrak, Ferrari, meluncurkan mobil hybrid plug-in pertama 296 GTB, pada Kamis, (24/06/2021) (Sumber: Scuderia Ferrari Press Office via Antara)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Produsen mobil balap dan sport berlogo kuda jingkrak, Ferrari, meluncurkan mobil hybrid plug-in pertama 296 GTB pada Kamis, (24/06/2021).

Kehadiran Mobil Sport Hybrid 296 GTB itu menambah koleksi kendaraan listrik dari produsen mobil sport mewah yang terkenal dengan mesin pembakaran berbunyi syahdu tersebut.

Dilansir Reuters, Minggu (27/06/2021), Ferrari 296 GTB adalah hybrid ketiga Ferrari yang masuk ke produksi massal dan bukan kendaraan edisi terbatas. Mobil ini mengikuti desain SF 90 Stradale pada 2019 dan versi konversi, SF90 Spider, tahun lalu.

Chief Marketing and Commercial Officer Ferrari Enrico Galliera mengatakan, 296 GTB menciptakan segmen baru di dunia mobil sport.

"Jika SF 90 dirancang untuk mencapai puncak performa, 296 GTB ini dirancang untuk puncak kenikmatan berkendara," katanya dalam presentasi web. "Kami berharap ini juga akan membantu menarik klien yang tidak mengendarai Ferrari sekarang," tambah dia.

Mobil sport dua tempat duduk itu akan dibanderol 269.000 euro atau 321.000 dolar AS, dan seharga 302.000 euro untuk versi Assetto Fiorano yang memiliki kemampuan spektakuler. Ferrari 296 GTB akan memiliki kecepatan tertinggi lebih dari 330 km per jam.

Perusahaan Italia yang dikenal di seluruh dunia karena logo kuda jingkrak dan mobil balap merahnya itu telah menjanjikan model listrik penuh pertamanya pada 2025.

"Ini adalah proses yang telah dimulai beberapa tahun lalu," kata Galliera. "Kami sedang bekerja untuk mengatasi regulasi dan tugas mengurangi emisi," tambah dia.

Baca Juga: Ferrari Luncurkan SF21, Mobil Balap Mereka di Kompetisi Formula 1 Tahun Ini

Sports Prototype concept, mobil konsep terbaru Ferrari P80/C. Ferrari selesai mendesain dan belum mengeluarkan mobil andalan mereka untuk balap 24 jam Le Mans Hypercar tahun 2023 nanti. (Sumber: Ferrari.com)

Ferrari dan para pesaingnya sedang bergulat dengan bagaimana mengubah line-up mereka ke tenaga baterai tanpa kehilangan performa tinggi yang mendukung harga premium mereka.

Porsche, bagian dari grup Volkswagen, sudah menawarkan kendaraan full-electric dengan model Taycan-nya. Namun Ferrari berada di depan saingan beratnya Lamborghini, yang mobil full-electric pertamanya tidak akan muncul sampai paruh kedua dekade ini.

Untuk memasuki era baru elektrifikasi, Ferrari memilih veteran industri teknologi Benedetto Vigna sebagai kepala eksekutif barunya.

Model 296 GTB akan dilengkapi dengan mesin turbo tengah belakang berkapasitas 6 silinder V6, yang pertama di mobil sport jalan raya dengan lencana kuda jingkrak, meskipun mesin tersebut berakar pada tahun 1950-an di mobil balap Ferrari.

Mobil jalanan Ferrari biasanya ditenagai oleh mesin V8 atau V12 yang lebih bertenaga, tetapi juga lebih berpolusi.

Meski begitu, mesin V6 milik 296 GTB ini disandingkan dengan motor listrik 122 KW dan mampu menghasilkan tenaga 830 horse power (HP) alias tenaga kuda.

Seperti SF90 Stradale, 296 GTB dapat menghasilkan daya hanya listrik senyap sejauh 25 km. Pengiriman pertama diharapkan pada kuartal pertama 2022, dimulai dari konsumen di Eropa.

Mobil sport Ferrari 296 GTB adalah mobil ketiga dari tiga mobil yang dijanjikan Ferrari untuk tahun ini. SUV pertamanya, yang disebut Purosangue (Thoroughbred), diperkirakan akan meluncur tahun depan.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x