Kompas TV internasional kompas dunia

OCWD Hasilkan 100 Juta Galon Air Daur Ulang untuk Tangani Kekeringan dan Cuaca Ekstrem di California

Kompas.tv - 23 April 2021, 10:47 WIB
ocwd-hasilkan-100-juta-galon-air-daur-ulang-untuk-tangani-kekeringan-dan-cuaca-ekstrem-di-california
OCWD melalui GWRS mampu menghasilkan 100 juta galon air bersih yang didaur ulang dari air limbah (Sumber: Facebook/Orange County Water District)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

ORANGE COUNTY, KOMPAS.TV - Sejak cuaca ekstrem  menimpa California, Amerika Serikat,  beberapa tahun terkahir,  membuat danau-danau pemasok air bersih surut dan mengering.

Salju dan hujan lebat yang disebabkan oleh badai musim dingin di beberapa negara bagian tidak cukup kuat untuk mengimbangi kekeringan.

Orange County Water District (OCWD) dengan Sistem Pengisian Air Tanah (GWRS) berperan penting dalam mengurangi dampak kekeringan untuk masyarakat California.

Baca Juga: Majelis Rendah Parlemen Inggris Umumkan Genosida Terjadi Pada Muslim Uighur di China

Dilansir dari Guinness World Records, proyek yang mengubah air limbah menjadi air bersih pertama di Amerika Serikat tersebut mampu menghasilkan 100 juta galon air bersih dalam satu hari.

Dengan pencapaian itu, OCWD masuk dalam rekor dunia untuk air limbah terbanyak yang didaur ulang menjadi air minum dalam 24 jam.

OCWD berharap pencapaian yang diperolehnya dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya daur ulang air di California dan sekitarnya.

Baca Juga: Keluarga ABK Kapal Selam KRI Nanggala-402 Gelar Doa Bersama

"Ini adalah waktu untuk merayakan dan belajar tentang teknologi yang terbukti memiliki peran penting untuk melestarikan komunitas kami dan lingkungan alam," ujar Wakil Ketua Komite Pengarah GWRS dikutip dari Guinness World Records, Selasa  (20/4/2021).

Nantinya, OCWD akan menambah kapasitas yang bisa dihasilkan dalam satu hari menjadi 130 juta galon yang dapat memenuhi air bersih untuk 1 juta orang per harinya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x