Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Australia Nyatakan Kesiapan Negaranya Bantu Penyelamatan Kapal Selam KRI Nanggala 402

Kompas.tv - 22 April 2021, 12:43 WIB
menlu-australia-nyatakan-kesiapan-negaranya-bantu-penyelamatan-kapal-selam-kri-nanggala-402
Didampingi Menlu Selandia Baru Nanaia Mahuta, Menlu Australia Marise Payne (kanan) mengatakan Australia akan menolong pencarian kapal selam Indonesia KRI Nanggala 402. Payne mengatakan hal tersebut Kamis, 22 April 2021 dalam kunjungannya ke Wellington, Selandia Baru (Sumber: TVNZ/1News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

WELLINGTON, KOMPAS.TV - Australia akan membantu mencari kapal selam Indonesia yang hilang, Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne mengatakan Kamis, (22/04/2021) seperti dikutip Associated Press hari Kamis, (22/04/2021).

Berbicara dalam kunjungan ke ibu kota Selandia Baru, Wellington, Payne didampingi menlu Selandia Baru Nanaia Mahuta mengatakan, Australia telah menghubungi Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto melalui Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton dan menegaskan Australia akan memberikan "bantuan apapun yang kami bisa".

"Tidak diragukan lagi bahwa pencarian dan penyelamatan kapal selam itu sangat rumit," katanya, seraya menambahkan bahwa kapal yang hilang itu bukanlah tipe kapal selam yang dioperasikan Australia.

Pencarian kapal selam pada hari Kamis difokuskan di sekitar lapisan minyak di utara Bali, kata TNI AL.

Baca Juga: Titik Koordinat Keberadaan KRI Nanggala 402 Ditemukan, TNI: Tak Bisa Dijadikan Dasar

kapal selam KRI Nanggala 402 dikabarkan hilang kontak di Laut Bali, Rabu (21/4/2021). (Sumber: KOMPAS/CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO)

KRI Nanggala 402 dengan 53 orang di dalamnya sedang mengikuti latihan hari Rabu ketika tidak melakukan kontak seperti yang dijadwalkan.

Genangan minyak terlihat di dekat posisi awal penyelaman terakhir, sekitar 96 kilometer utara Bali.

Juru bicara TNI AL mengatakan upaya pencarian tersebut dibantu oleh beberapa negara, termasuk Australia dan Singapura yang memiliki kapal penyelamat Kapal Selam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x