Kompas TV internasional kompas dunia

China akan Produksi 3 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 Tahun 2021

Kompas.tv - 21 April 2021, 19:30 WIB
china-akan-produksi-3-miliar-dosis-vaksin-covid-19-tahun-2021
Pengemasan vaksin COVID-19 nonaktif di perusahaan biofarmasi China Sinovac Biotech di Beijing, ibu kota China. (Sumber: Xinhua/Zhang Yuwei)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

BOAO, KOMPAS.TV - China diperkirakan akan memproduksi lebih dari 3 miliar dosis vaksin COVID-19 tahun ini, demikian disampaikan Zheng Zhongwei, kepala kelompok kerja bidang pengembangan vaksin di bawah naungan mekanisme pencegahan dan pengendalian COVID-19 gabungan Dewan Negara China, Selasa (20/04/2021).

Saat berbicara dalam sebuah subforum di Konferensi Tahunan Forum Boao untuk Asia (Boao Forum for Asia), Zheng mengatakan ketika wabah merebak, China dengan cepat memusatkan perhatian pada penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19.

Negara tersebut memilih untuk melakukan penelitian terhadap 12 jenis vaksin dari 10 unit penelitian di seluruh China, ujar Zheng.

Saat ini kapasitas produksi China mencapai sekitar 5 miliar dosis vaksin setiap tahunnya. Pada paruh kedua 2021, China akan memasok lebih banyak vaksin ke seluruh dunia.

Baca Juga: 6 Juta Dosis Bahan Vaksin Sinovac Didatangkan Lagi ke Indonesia

6 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia, Minggu 18 April 2021 (Sumber: Youtube/Sekretariat Presiden)

Sementara, hari Minggu lalu (18/04/2021) Indonesia kembali kedatangan vaksin covid-19 dari Sinovac Tiongkok dengan 6 juta bahan baku vaksin. Setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, jutaan bahan baku vaksin dibawa ke Bio Farma di Bandung, untuk diproses lebih lanjut.

Dengan kedatangan vaksin tahap ke 8 ini, total pemerintah indonesia sudah mendapat 59,5 juta bahan baku vaksin covid-19 Sinovac.

Menteri Kesehatan mengimbau penyuntikan tetap dilakukan saat bulan Ramadan sesuai dengan fatwa MUI yang menyebut vaksinasi tak membatalkan puasa. Prioritas penyuntikan vaksin adalah warga lansia.

Data dari studi besar di Chili menunjukkan, vaksin Covid-19 Sinovac efektif 67 persen dalam mencegah infeksi simptomatik atau kasus bergejala. 

Selain itu, vaksin CoronaVac buatan Sinovac juga 85 persen efektif mencegah gejala berat yang membutuhkan rawat inap dan 80 persen efektif mencegah kematian.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x