Kompas TV internasional kompas dunia

Makam Neolitik dengan Tulang Manusia Utuh Ditemukan di China Selatan

Kompas.tv - 15 April 2021, 23:35 WIB
makam-neolitik-dengan-tulang-manusia-utuh-ditemukan-di-china-selatan
Foto yang diabadikan pada 20 Maret 2021 ini menunjukkan sisa-sisa jasad manusia yang ditemukan di sebuah makam kuno di situs Kuil Jinlan di Guangzhou, ibu kota Provinsi Guangdong, China selatan. (Sumber: Xinhua/Institut Warisan Budaya dan Arkeologi Kota Guangzhou)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

GUANGZHOU, KOMPAS.TV - Para arkeolog menemukan 32 makam kuno, yang sebagian besar berasal dari Zaman Neolitikum akhir di Provinsi Guangdong, China selatan, dan menemukan 30 set tulang manusia ketika melakukan penggalian arkeologi di dalamnya.

Makam tersebut ditemukan di situs Kuil Jinlan yang terletak di ibu kota provinsi, Guangzhou, dalam penggalian sebagai bagian dari proyek yang dipimpin oleh Institut Warisan Budaya dan Arkeologi Kota Guangzhou, yang dimulai pada November 2020.

Sebanyak 30 makam berasal dari Zaman Neolitikum akhir dan dua dari Periode Negara Berperang (475-221 SM).

Baca Juga: Kepolisian Turki Sita Kitab Taurat Kuno Berusia 2.500 Tahun, Lima Orang Ditangkap

Para arkeolog bekerja di situs Kuil Jinlan di Guangzhou, ibu kota Provinsi Guangdong, China selatan, pada 14 April 2021. (Sumber: Xinhua/Liu Hanneng)

"Sebagian besar tulang manusia yang ditemukan di makam-makam Neolitikum akhir dalam kondisi baik, yang terbilang sangat langka di daerah muara Sungai Mutiara," kata Yi Xibing, kepala institut tersebut.

Sisa-sisa tulang tersebut akan menjadi bahan penelitian utama untuk mempelajari fisik manusia dan migrasi di daerah tersebut sebelum Dinasti Qin (221-207 SM), imbuh Yi.

Spesimen hewan, sumur, lubang abu, dan sejumlah peninggalan budaya lainnya juga ditemukan selama penggalian dalam proyek ini, papar institut tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x