Kompas TV internasional kompas dunia

NASA Tunda Uji Terbang Pertama Helikopter di Planet Mars, Ini Masalahnya

Kompas.tv - 12 April 2021, 23:40 WIB
nasa-tunda-uji-terbang-pertama-helikopter-di-planet-mars-ini-masalahnya
NASA memutuskan untuk menjadwal ulang penerbangan eksperimental perdana helikopter Mars yang diberi nama Ingenuity menjadi setelah 14 April. (Sumber: NASA - JPL Caltech)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memutuskan untuk menjadwal ulang penerbangan eksperimental perdana helikopter Mars yang diberi nama Ingenuity jadi setelah 14 April 2021, demikian seperti dikutip Xinhua, Senin (12/04/2021).

Penerbangan perdana pesawat yang kali pertama digerakkan dan dikendalikan dari planet lain tersebut awalnya dijadwalkan pada Minggu malam, 11 April 2021.

Dalam uji putaran rotor berkecepatan tinggi pada Jumat (09/04/2021), urutan perintah yang mengendalikan pengujian berakhir lebih awal karena habisnya "watchdog timer".

Ini terjadi dalam percobaan untuk mengalihkan komputer penerbangan dari mode "Pra-penerbangan" ke mode "Penerbangan", menurut NASA.

Baca Juga: Helikopter Milik NASA Segera Jalani Terbang Perdana di Daratan Planet Mars

Wahana helikopter bernama Ingenuity yang akan uji coba terbang di planet Mars. (Sumber: NASA - JPL Caltech)

Saat ini, helikopter berada dalam kondisi baik dan aman serta mengomunikasikan rangkaian telemetri lengkapnya ke Bumi, kata NASA.

Tim helikopter sedang meninjau seluruh indikator telemetri untuk mendiagnosis dan memahami masalah tersebut. Setelah itu, mereka akan menjadwal ulang uji coba terbang dengan kecepatan penuh.

Ingenuity tiba di Kawah Jezero Mars pada 18 Februari dengan menumpang wahana penjelajah Perseverance milik NASA.

Helikopter ini merupakan demonstrasi teknologi dengan durasi uji terbang yang direncanakan berlangsung hingga 30 hari Mars.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x