Kompas TV internasional kompas dunia

China Tetapkan Batas Minimal Jam Tidur Anak Usia SD, SMP, hingga SMA

Kompas.tv - 3 April 2021, 16:08 WIB
china-tetapkan-batas-minimal-jam-tidur-anak-usia-sd-smp-hingga-sma
Dua siswi tidur di sebuah kamar asrama di Sekolah Dasar Kelompok Etnis She Xijin di wilayah Zhenghe, Provinsi Fujian, China tenggara, pada 28 Februari 2021 (Sumber: Xinhua/Jiang Kehong)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

BEIJING, KOMPAS.TV - China mengeluarkan kebijakan yang menetapkan batas jam tidur minimal bagi anak-anak dan remaja untuk mengatasi masalah kurang tidur yang dapat mengganggu tumbuh kembang mereka, kata Kementerian Pendidikan China dalam konferensi pers seperti dilansir Xinhua, Sabtu (03/04/2021).

Siswa sekolah dasar (SD) harus tidur minimal 10 jam sehari, sedangkan siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) harus tidur masing-masing tidak kurang dari sembilan dan delapan jam per hari, kata Lyu Yugang, seorang pejabat di kementerian pendidikan China.

Lyu memberikan penjelasan tentang upaya terbaru pemerintah untuk meningkatkan kualitas tidur siswa tingkat SD hingga SMA.

Waktu tidur yang direkomendasikan untuk siswa juga ditentukan, paling lambat pukul 21.20 bagi siswa SD, dan pukul 22.00 bagi siswa SMP, serta pukul 23.00 untuk siswa SMA.

Baca Juga: Sulit Tidur Nyenyak Selama Pandemi? Penelitian Ini Ungkap Penyebabnya

Menurut survei yang dilakukan di 10 provinsi di China, durasi tidur rata-rata siswa SD sebanyak 9,5 jam sehari, sementara siswa sekolah menengah 8,4 jam per hari, papar Lyu, seraya menyebut beban kurikulum yang berlebihan telah memengaruhi kebiasaan tidur sebagian siswa.

"Pekerjaan rumah, konseling di luar sekolah, dan gim video harus dikesampingkan demi peningkatan kualitas tidur siswa," kata pejabat itu.

Otoritas pendidikan akan mengerahkan sarana teknis yang ada guna memastikan tidak ada layanan gim video yang tersedia bagi anak di bawah umur dari pukul 22.00. hingga 08.00, menurut surat edaran itu.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x