Kompas TV internasional kompas dunia

Max Verstappen dari Tim Red Bull Posisi Start Terdepan Formula 1 Bahrain

Kompas.tv - 28 Maret 2021, 03:22 WIB
max-verstappen-dari-tim-red-bull-posisi-start-terdepan-formula-1-bahrain
Pembalap Red Bull Max Verstappen dari Belanda menyetir mobilnya selama sesi kualifikasi Grand Prix Formula 1 Bahrain hari Minggu, di Sirkuit Internasional Sakhir, Bahrain, Sabtu, 27 Maret 2021. Grand Prix Formula Satu Bahrain akan berlangsung pada Minggu. (Sumber: AP Photo/Kamran Jebreili)
Penulis : Edwin Shri Bimo

SAKHIR, KOMPAS.TV - Pembalap Red Bull Max Verstappen mengambil posisi start terdepan pada hari Sabtu untuk pembukaan musim Grand Prix Bahrain dan akan memulai balapan tepat di depan pembalap Mercedes Lewis Hamilton, seperti dilansir Associated Press, Minggu, (28/03/2021)

Max Verstappen meraih posisi start terdepan keempat dalam karirnya untuk menyangkal rekor ke-99 Hamilton, menyisihkan juara dunia dengan selisih 0,39 detik pada upaya terakhirnya.

“Sepanjang akhir pekan berjalan cukup baik sejauh ini,” kata Verstappen. "Kami tahu apa kelemahan kami tahun lalu dan sepertinya kami sudah mengatasinya."

Verstappen memuji Honda karena meningkatkan keandalan.

"Honda telah bekerja sangat keras untuk meningkatkan mesin mereka," katanya. "Perputaran mereka sangat bagus dan pemahaman mereka tentang mesin sangat mengesankan. Mereka terus terang sepanjang waktu dan ingin menang."

Baca Juga: Ferrari Luncurkan SF21, Mobil Balap Mereka di Kompetisi Formula 1 Tahun Ini

Pembalap Ferrari Charles Leclerc dari Monaco mengemudikan mobilnya selama sesi kualifikasi untuk Grand Prix Formula 1 Bahrain hari Minggu, di Sirkuit Internasional Sakhir, Bahrain, Sabtu, 27 Maret 2021. Grand Prix Formula Satu Bahrain akan berlangsung pada hari Minggu. (Sumber: AP Photo/Kamran Jebreili)

Rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, berada 0,59 di belakang Verstappen di urutan ketiga, sementara Charles Leclerc memenuhi syarat di urutan keempat untuk Ferrari.

Tanda lain yang menggembirakan bagi Honda, Pierre Gasly berada di urutan kelima untuk AlphaTauri, yang juga menggunakan mesin mereka.

Verstappen merebut Abu Dhabi yang mengakhiri musim Desember lalu dari pole dan sekarang meraih kemenangan ke-11 dalam karirnya. Hamilton mencari kemenangan ke-96 untuk memperpanjang rekor.

“Kami tahu itu akan menjadi tantangan, sedikit kerja keras yang berat,” kata Hamilton. "Selamat untuk Max. Saya memberikan semua yang saya miliki."

Verstappen memimpin babak pertama kualifikasi, yang dikenal sebagai Q1, di depan pembalap Jepang berusia 20 tahun dari AlphaTauri, Yuki Tsunoda. Kedua mobil tersebut menggunakan mesin Honda dan pabrikan Jepang tersebut berada di musim terakhirnya sebelum meninggalkan F1.

Baca Juga: Unik, Seorang Warga Buat Replika Mobil Formula 1

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton dari Inggris menyetir mobilnya selama sesi kualifikasi untuk Grand Prix Formula Satu Bahrain hari Minggu, di Sirkuit Internasional Bahrain di Sakhir, Bahrain, Sabtu, 27 Maret 2021. (Sumber: AP Photo/Kamran Jebreili)

Sebastian Vettel, yang mengalami musim panas yang terik tahun lalu bersama Ferrari, memulai musim baru dengan buruk. Dia termasuk di antara lima pembalap yang tersingkir dari Q1 dan start ke-18 untuk Aston Martin.

Putra Michael Schumacher, Mick Schumacher, memulai dari urutan ke-19 di lintasan di mana ayahnya memenangkan balapan perdana pada tahun 2004, tahun di mana ia merebut gelar F1 ketujuhnya. Hamilton sedang mengejar rekor gelar kedelapan.

Duo Ferrari Carlos Sainz Jr. dan Leclerc menduduki puncak Q2 di depan Hamilton, tanda yang menggembirakan bagi pabrikan Italia yang terkenal itu mengingat kesulitan musim lalu.

Sebelumnya pada hari itu, Verstappen mencatat waktu tercepat di latihan terakhir ketika dalam kondisi panas, dia 0,74 detik lebih cepat dari Hamilton. Vettel kembali ke garasi dengan sisa waktu sekitar 20 menit, memberi tahu timnya beberapa puing telah mengenai helm balapnya.

Kualifikasi berlangsung pada malam hari dalam kondisi yang lebih sejuk saat matahari terbenam di trek gurun Sakhir.

Verstappen melanjutkan performanya dari tes pramusim dan GP Abu Dhabi akhir musim tahun lalu, yang dimenangkannya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x