Kompas TV internasional kompas dunia

Sekretaris Pers Gedung Putih: Hubungan AS-Rusia Kini Akan Terlihat Berbeda

Kompas.tv - 18 Maret 2021, 03:52 WIB
sekretaris-pers-gedung-putih-hubungan-as-rusia-kini-akan-terlihat-berbeda
Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan bahwa hubungan Amerika Serikat (AS) dengan Rusia, kini akan terlihat berbeda. Hubungan kedua negara akan berbeda setelah AS kini dipimpin Presiden Joe Biden, jika dibandingkan dulu ketika masih dipimpin Presiden Donald Trump.

"Kami akan langsung, kami akan berbicara tentang bidang-bidang yang kami khawatirkan, dan itu pasti, seperti yang dikatakan Presiden tadi malam - tentu, Rusia akan dimintai pertanggungjawaban atas tindakan yang telah mereka ambil," kata Psaki seperti dikutip dari the Associated Press.

Baca Juga: Hubungan AS-Rusia Memanas, Dubes Rusia Untuk Amerika Serikat Dipanggil Pulang

Psaki berbicara satu hari setelah Biden mengatakan dalam sebuah wawancara televisi yang disiarkan Selasa (17/3/2021) bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin ‘akan membayar harga’, atas keterlibatan Rusia dalam pemilu 2020.

Wawancara itu dilakukan setelah laporan yang tidak diklasifikasikan dari kantor direktur intelijen nasional AS yang melaporkan bahwa Putin telah melakukan operasi untuk membantu Trump dalam pemilihan Presiden AS, November 2020 lalu.

Baca Juga: Polisi Rusia Gerebek Forum Oposisi dan Tangkap 200 Orang, Dituduh Langgar Aturan Covid-19

Panasnya hubungan kedua negara semakin terlihat ketika Rusia memanggil pulang Duta Besarnya untuk Amerika Serikat (AS), untuk melakukan konsultasi. Hal ini dinyatakan oleh Kementerian Luar Negeri Rusia, Rabu (17/3/2021) tanpa penjelasan lebih lanjut atas penarikan Dubesnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x