Kompas TV internasional kompas dunia

Inovatif! Maskapai Penerbangan Ini Gunakan Bahan Bakar dari Campuran Pakaian Bekas

Kompas.tv - 6 Februari 2021, 17:03 WIB
inovatif-maskapai-penerbangan-ini-gunakan-bahan-bakar-dari-campuran-pakaian-bekas
Ilustrasi pesawat berpenumpang yang menggunakan bahan bakar dari pakaian bekas (Sumber: kompas.com)
Penulis : Ahmad Zuhad

TOKYO, KOMPAS.TV - Maskapai penerbangan Jepang, Japan Airlines (JAL) berhasil menerapkan inovasi terbaru dalam dunia penerbangan. Maskapai ini berhasil menerbangkan pesawat berpenumpang pertama dengan bahan bakar dari campuran pakaian daur ulang.

Hal itu diketahui pertama kali dari cuitan NHK World News pada Jumat (5/2/2021) sore.

Baca Juga: Khawatir Krisis Iklim, Biden Keluarkan Aturan Penghentian Ekonomi Berbahan Bakar Fosil

Mengutip NHK, pesawat Japan Airlines itu terbang dari Haneda Airport, Tokyo ke Fukuoka menggunakan biofuel. Biofuel ini terbuat dari campuran pakaian bekas.

Maskapai JAL bekerja sama dengan perusahaan Jepang lain untuk menciptakan alternatif sumber energi. Bahan bakar alternatif ini diklaim memproduksi gas buangan (emisi) yang jauh lebih kecil dari bahan bakar biasa.

JAL mencoba membuat biofuel itu dengan mengekstrak kapas dari 250 ribu pakaian bekas.

Kapas-kapas itu kemudian melalui proses fermentasi dan proses lain. Biofuel ini adalah biofuel pertama buatan Jepang untuk pesawat jet yang memenuhi standar internasional.

Baca Juga: Selandia Baru Secara Simbolis Mengumumkan Darurat Iklim

Matsuo Tomoko, perwakilan dari JAL menyatakan, perusahaannya ingin membangun hubungan kuat dengan perusahaan domestik demi menjamin persediaan biofuel yang stabil di Jepang.

Pengembangan biofuel ini berjalan menyusul desakan regulasi internasional untuk memangkas jejak karbon pesawat jet yang besar. Seperti diketahui, pesawat jet berkontribusi besar menyebabkan efek rumah kaca yang menimbulkan pemanasan bumi dan krisis iklim.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x