Kompas TV internasional kompas dunia

Detik-Detik Terakhir di Gedung Putih, Trump: Semoga Bukan Selamat Tinggal Untuk Waktu yang Lama

Kompas.tv - 21 Januari 2021, 03:33 WIB
detik-detik-terakhir-di-gedung-putih-trump-semoga-bukan-selamat-tinggal-untuk-waktu-yang-lama
Trump mengepalkan tangan ketika berada di detik-detik terakhir keberadaannya di Gedung Putih. Ia meninggalkan Gedung Putih dengan helikopter Marine One untuk menuju kediamannya di Mar-a-Lago, Florida, Rabu (20/1/2021). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Mantan Presiden AS Donald Trump mengukir sejarah dengan menjadi satu-satunya Presiden AS yang tidak menghadiri pelantikan Presiden AS yang menggantikannya.

Trump meninggalkan Gedung Putih beberapa jam sebelum pelatikan Joe Biden. Ketika menuju helikopter Marine One yang mengantarkannya untuk meninggalkan Gedung Putih, ia mengatakan, “Saya ingin mengatakan selamat tinggal, tapi semoga bukan selamat tinggal untuk waktu yang lama. Kita akan segera bertemu lagi, terima kasih banyak,”.

Baca Juga: Tak Disambut Legawa oleh Trump, Biden: “Demokrasi Telah Menang!”

Trump dan istrinya, Melania Trump, kemudian meninggalkan Gedung Putih dengan Marine One pada pukul 09.00 pagi waktu setempat, dengan diiringi lagu My Way karya Frank Sinatra.

Trump juga menggelar upacara perpisahan di Pangkalan Militer Andrews. Dalam upacara ini, ditampilkan penghormatan dengan penembakan 21 senjata dan marching band militer yang memainkan lagu “Hail to the Chief”.

Ia pun menyampaikan pidato tentang empat tahun kepemimpinannya selama sembilan menit.

"Kami akan kembali dalam beberapa bentuk," ujarnya.

“Semoga hidupmu menyenangkan dan kami akan segera menemuimu," katanya.

Baca Juga: Jelang Pelantikan Joe Biden Jadi Presiden Amerika Serikat, Trump Berikan Pidato Perpisahan

Keluarganya terlihat hadir dalam upacara perpisahan ini. Anak-anaknya bahkan terlihat emosional dan meneteskan air mata ketika mendengar pidato perpisahan Trump.

Dalam pidato perpisahannya, dia tidak menyinggung tentang pemakzulan dua kali yang dialaminya. Dia juga tidak menyebut tentang wabah Covid-19 yang telah merenggut lebih dari 400.000 nyawa di Amerika Serikat.

Sebaliknya, ia hanya menceritakan hal-hal yang dianggapnya sebagai pencapaian di masa kepemimpinannya seperti misi luar angkasa, deregulasi dan pemotongan pajak.

Dia tidak menyebut-nyebut nama Biden dalam pidato perpisahannya, namun sambil bercanda, dia mengatakan, “Saya harap mereka tidak akan menaikkan pajak Anda. Tapi kalau mereka menaikkannya, saya sudah bilang (akan) begitu.”

Baca Juga: Presiden AS Donald Trump Berikan Pidato Perpisahan, Banggakan Tidak Ada Perang di Masa Jabatannya

Namun demikian, dia mendoakan pemerintahan baru agar sukses manjalankan tugas.

Seperti dikutip dari USA Today, Staf Gedung Putih mengatakan dia meninggalkan catatan penyemangat untuk Presiden AS yang baru, Joe Biden. Namun tidak diketahui secara rinci, apa isi pesan tersebut.

Trump kemudian mendarat di Florida Selatan sekitar pukul 11 pagi. Selanjutnya, ia akan tinggal di Mar-a-Lago, sebuah klub Palm Beach yang dia sebut  sebagai Gedung Putih di Musim Dingin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x