Kompas TV internasional kompas dunia

Sadyr Zhaparov Menang Pemilu Presiden Kyrgyztan

Kompas.tv - 10 Januari 2021, 22:50 WIB
sadyr-zhaparov-menang-pemilu-presiden-kyrgyztan
Sadyr Zhaparov meraih suara terbanyak, 80%, dalam penghitungan suaran pemilihan presiden yang digelar Minggu, 10 Januari 2021. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

BISHKEK, KOMPAS TV - Politisi nasionalis Kyrgyztan Sadyr Zhaparov menang telak pada hari Minggu (10/01/202) dalam penghitungan suara pemilihan presiden Kyrgyzstan, menyusul jatuhnya pemerintahan sebelumnya.

Sadyr Zhaparov menang telak dalam penghitungan suara dengan meraih hampir 80% suara di negara Asia Tengah yang bersekutu erat dengan Rusia, demikian hasil sementara yang diumumkan Komisi Pemilihan Pusat Kyrgyzstan seperti dilaporkan Reuters, Mingu (10/01/2021)

Hasil itu menunjukkan pemungutan suara putaran kedua tidak perlu dilaksanakan.

Lebih dari 80% pemilih juga mendukung proposal untuk mereformasi konstitusi dan memberi presiden kekuasaan yang lebih besar, konsesi dari otoritas parlemen, kata komisi itu.

Baca Juga: Kyrgyztan Laksanakan Pemungutan Suara Memilih Presiden Baru

Protes yang diwarnai kekerasan meletus Oktober tahun lalu dan memunculkan Sadyr Zhaparov , 52, dari penjara ke kursi perdana menteri dan memuncak saat dia mengambil alih kursi kepresidenan sementara sebelum dia mencalonkan diri untuk jabatan penuh waktu.

Zhaparov yang dulu menjalani hukuman penjara atas tuduhan penculikan seorang gubernur propinsi, mendapat pembatalan putusan pengadilan di tengah kerusuhan Oktober lalu.

Dalam pemilu ini dia mengalahkan 16 kandidat lain dengan selisih suara besar.

Terlepas dari prinsip nasionalisnya, keputusan pertama Zhaparov sebagai Perdana Menteri adalah untuk menambahkan kolom informasi suku di KTP warga Kyrgyztan, dan dia berulang kali menyatakan akan tetap menjaga hubungan dekat dengan Moskow.

Baca Juga: Presiden Azerbaijan Puas dengan Pendudukan di Wilayah Nagorno-Karabakh

"Rusia adalah mitra strategis kami," tutur Zhaparov setelah melakukan pemungutan suara di pinggir kota Bishkek, seraya mendesak seluruh kelompok menerima hasil pemilu untuk menjaga stabilitas.

Rusia mengoperasikan pangkalan udara militer di negara itu, dan merupakan tujuan utama bagi ratusan ribu buruh migran Kyrgyztan untuk mencari nafkah..

Negara tetangga China adalah mitra dagang dan investor utama lainnya di negara miskin dan mayoritas Muslim, yang ekonominya telah terpukul oleh pandemi virus Covid-19 serta berbagai gangguan pada perdagangan dan perjalanan.

Baca Juga: Yummy! Mencicipi Kuliner Daging Kuda Ala Kazakhstan

Hukuman penjara Zhaparov bermula dari kampanyenya di awal 2010-an untuk menasionalisasi tambang emas raksasa Kumtor yang dioperasikan oleh Centerra Gold Kanada.

Namun, setelah berkuasa tahun lalu, dia mengatakan itu bukan lagi tujuan dan dia hanya akan berusaha memastikan keuntungan dibagi secara adil.

Kampanye Zhaparov, berhasil menarik perhatian para pemilih, terutama di daerah pedesaan, karena mengkampanyekan simbol dan nilai tradisional dan berjanji menggandakan anggaran kesehatan masyarakat,

Sebelum menggulingkan pemerintahan Presiden Sooronbai Jeenbekov pada Oktober, protes kekerasan serupa menggulingkan presiden pada 2010 dan 2005. Mantan kepala negara lainnya, Almazbek Atambayev, ditahan atas tuduhan korupsi.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x