Kompas TV internasional kompas dunia

Diduga Selundupkan Emas, Tiga Orang Ditangkap di Bandara Johannesburg

Kompas.tv - 6 Januari 2021, 00:47 WIB
diduga-selundupkan-emas-tiga-orang-ditangkap-di-bandara-johannesburg
Sejumlah emas batangan yang ditemukan dalam tas tangan ketiga tersangka di Bandara Internasional OR Tambo di Johannesburg, Afrika Selatan pada Senin (4/1). (Sumber: South African Police Services via AP)
Penulis : Vyara Lestari

JOHANNESBURG, KOMPAS.TV – Kepolisian Afrika Selatan tengah menyelidiki kemungkinan adanya sindikat internasional penyelundupan emas setelah tiga orang tersangka ditangkap di Bandara Internasional OR Tambo di Johannesburg, Afrika Selatan dengan sejumlah emas batangan berbobot 73,5 kilogram dalam tas tangan mereka.

Dilansir dari Associated Press, emas batangan yang diperkirakan bernilai sekitar USD 4,1 juta itu tampak mencurigakan saat ketiga tersangka meletakkan tas mereka melalui pemeriksaan keamanan petugas.

Baca Juga: Rencana Unik Afrika Selatan, Redupkan Sinar Matahari untuk Hindari Bencana Kekeringan

“Setelah menanyai para tersangka dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap barang bawaan mereka, para petugas menemukan sejumlah emas batangan dan sejumlah mata uang asing,” ujar juru bicara kepolisian Kolonel Athlenda Mathe.

Mathe menambahkan, kepada polisi, para tersangka menunjukkan surat sertifikasi emas mereka dan pihak berwenang Afrika Selatan akan bekerja sama dengan Interpol dan sejumlah negara terkait untuk memverifikasi asal dan tujuan emas batangan tersebut.

Baca Juga: Budidaya Kambing Boer Asal Afrika Selatan

“Ada kemungkinan kasus pencucian uang dan penipuan akan diajukan pada ketiga terdakwa di kemudian hari,” terang Mathe.

Ketiga tersangka yang merupakan warga negara Madagaskar, yang melakukan perjalanan dari Madagaskar menuju Dubai di Uni Emirat Arab melalui Afrika Selatan dan Ethiopia, tampak hadir dalam sidang pertama mereka pada Senin (4/1) dan akan kembali ke pengadilan untuk pengajuan permohonan jaminan resmi pada 12 Januari mendatang.

Baca Juga: Mahkota Miss Universe Diraih Gadis Asli Afrika Selatan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x