Kompas TV internasional kompas dunia

Pengadilan Inggris Tolak Ekstradisi Pendiri WikiLeaks Julian Assange ke Amerika Serikat

Kompas.tv - 4 Januari 2021, 23:31 WIB
pengadilan-inggris-tolak-ekstradisi-pendiri-wikileaks-julian-assange-ke-amerika-serikat
Sketsa seniman pengadilan oleh Elizabeth Cook dari Julian Assange yang muncul di Old Bailey di London untuk putusan dalam kasus ekstradisi, di London, Senin, 4 Januari 2021. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

LONDON, KOMPAS TV - Pengadilan Inggris hari Senin (04/01/2021) menolak permintaan Amerika Serikat mengekstradisi pendiri WikiLeaks Julian Assange untuk menghadapi dakwaan spionase atas publikasi dokumen rahasia AS satu dekade lalu.

Hakim Inggris yang mengadili putusan mengatakan, Assange kemungkinan akan bunuh diri jika ditahan pada kondisi penjara Amerika Serikat yang keras, demikian dilaporkan Associated Press Senin (04/01/2021).

Dalam putusan campuran untuk Assange dan para pendukungnya, Hakim Distrik di London, Vanessa Baraitser, menolak pembelaan bahwa pria Australia berusia 49 tahun itu menghadapi penuntutan Amerika yang berlatar politik dan mengabaikan perlindungan kebebasan berbicara.

Namun Hakim Baraitser mengatakan kesehatan mental Assange yang genting kemungkinan akan memburuk lebih jauh di bawah kondisi "hampir isolasi total" yang akan dia hadapi di penjara Amerika Serikat.

Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, menyapa para pendukungnya di luar kedutaan Ekuador di London, 19 Mei 2017, di mana dia berada dalam pengasingan sejak 2012. Hakim Vanessa Baraitser telah memutuskan bahwa Julian Assange tidak dapat diekstradisi ke AS. karena kekhawatiran tentang kesehatan mentalnya, hal itu dilaporkan pada Senin, 4 Januari 2021. (Sumber: AP Photo)

"Saya menemukan bahwa kondisi mental Assange sedemikian rupa sehingga akan sangat menekan untuk mengekstradisinya ke Amerika Serikat," kata hakim tersebut.

Pengacara pemerintah AS mengatakan mereka akan mengajukan banding atas keputusan tersebut, dan Departemen Kehakiman AS mengatakan akan terus mengupayakan ekstradisi Assange.

"Meskipun kami sangat kecewa dengan keputusan akhir pengadilan, kami bersyukur bahwa Amerika Serikat menang dalam setiap poin yang diajukan," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Secara khusus, pengadilan menolak semua argumen Assange tentang motivasi politik, pelanggaran politik, pengadilan yang adil, dan kebebasan berbicara. "

Pengacara Assange mengatakan mereka akan meminta pembebasannya dari penjara London tempat dia ditahan selama lebih dari 18 bulan pada sidang jaminan pada hari Rabu (06/01/2021).

Jaksa Amerika Serikat mendakwa Assange atas 17 tuduhan spionase dan satu tuduhan penyalahgunaan computer, untuk tindakannya membocorkan ribuan dokumen militer dan diplomatik di kanal WikiLeaks. Atas sederet dakwaan tersebut, Assange terancam 175 tahun penjara.

Seorang suporter Julian Assange memakai masker wajah bertuliskan namanya di luar Old Bailey di London, Senin, 4 Januari 2021. (Sumber: AP Photo)

Pengacara Assange berpendapat Assange bertindak sebagai jurnalis dan berhak atas perlindungan Amandemen Pertama kebebasan berbicara karena menerbitkan dokumen yang mengungkap kesalahan militer AS di Irak dan Afghanistan.

Pengacara pemerintah AS membantah Assange dituntut hanya karena penerbitan, dengan mengatakan kasus tersebut "sebagian besar didasarkan pada keterlibatan dirinya yang melanggar hukum" dalam pencurian kabel diplomatik dan file militer oleh analis intelijen Angkatan Darat AS Chelsea Manning.

Hakim Inggris memihak pengacara AS dalam hal tersebut seraya mengatakan tindakan Assange, jika terbukti, akan menjadi pelanggaran "yang tidak akan dilindungi oleh haknya atas kebebasan berbicara." Dia juga mengatakan sistem peradilan AS akan memberinya pengadilan yang adil.

Pembela juga berdebat selama sidang tiga minggu di musim gugur bahwa Assange mempertaruhkan "hukuman yang sangat tidak proporsional" dan penahanan dalam "kondisi yang kejam dan tidak manusiawi" jika dia dikirim ke Amerika Serikat.

Hakim di Inggris pada persidangan itu setuju kondisi penjara AS akan membuat Assange menghadapi "risiko serius" karena Assange akan dikirim ke Fasilitas Penjara dengan Pengamanan Maksimum di Florence, Colorado.

Penjara ini adalah penjara dengan keamanan tertinggi di AS, dihuni Unabomber Theodore Kaczynski dan raja narkoba Meksiko Joaquin “El Chapo” Guzman.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x