Kompas TV internasional kompas dunia

Pandemi Covid-19 Mencapai Antartika, Benua Terakhir yang Selama Ini Belum Tersentuh

Kompas.tv - 23 Desember 2020, 08:13 WIB
pandemi-covid-19-mencapai-antartika-benua-terakhir-yang-selama-ini-belum-tersentuh
Pandemi Covid-19 mencapai benua Antartika saat personil pangkalan militer Chile dikonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

SANTIAGO, KOMPAS TV - Pandemi akhirnya merambah setiap benua di Bumi. Pihak berwenang Chili mengumumkan bahwa setidaknya 58 orang yang berada di dua pangkalan militer di Antartika atau di kapal angkatan laut yang pergi ke benua itu dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19

Sejauh ini tidak ada negara lain dengan kehadiran di Antartika yang secara terbuka melaporkan kasus lain.

Seperti dikutip dari Associated Press, tentara Chili mengumumkan hari Senin (22/12/2020) bahwa 36 orang di pangkalan Jenderal Bernardo O'Higgins Riquelme Antartika telah dites dan hasilnya positif terinfeksi Covid-19, dan pada hari Selasa menteri kesehatan untuk wilayah Biobio di Chili mengatakan ada 21 infeksi yang melibatkan orang-orang di atas kapal pemasok Sersan Aldea angkatan laut Chili.

Satu kasus lagi dilaporkan di desa Las Estrellas, tempat tinggal personel sipil yang bekerja di Pangkalan Angkatan Udara Letnan Rodolfo Marsh Martin, kata Eduardo Castillo, sekretaris kesehatan regional untuk wilayah Magallanes, yang mengawasi operasi Chili di Antartika. Kapal Sargento Aldea berlabuh di desa itu, tambahnya.

Baca Juga: Seluruh Benua Terinfeksi Corona, Kecuali Antartika

Tentara mengatakan kelompok pertama itu terdiri dari 36 orang termasuk 26 anggota militer dan 10 pegawai sipil dari sebuah perusahaan kontrak pemeliharaan. Dikatakan sejauh ini tidak ada yang menunjukkan komplikasi.

Michelle Rogan-Finnemore, sekretaris eksekutif Dewan Manajer Program Antartika Nasional, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kantor tersebut menerima laporan dari Chilean Antarctic Institute pada hari Jumat tentang kasus positif di atas kapal Sersan Aldea "yang akan turun di pelabuhan dari Punta Arenas dan Talcahuano ”di daratan Chili.

“Kami belum menerima informasi resmi lebih jauh,” tambahnya.

Tiga orang pertama di kapal Sersan Aldea dinyatakan positif pekan lalu dan semua 208 awak kapal dikarantina di atas kapal itu, menurut angkatan laut. Dikatakan kapal itu telah melayani pangkalan di Semenanjung Trinity antara 27 November dan 10 Desember.

Baca Juga: Penguin di Antartika Semakin Terancam Punah

National Science Foundation A.S. atau Yayasan Sains Nasional AS, badan yang mengawasi program Amerika Serikat di Antartika mengatakan mereka mengetahui laporan kasus positif pada penumpang di atas kapal Sersan Aldea.

"Personel di stasiun Program Antartika A.S. tidak memiliki interaksi dengan stasiun Chili yang dipermasalahkan atau dengan personel yang tinggal di sana," kata yayasan itu. "NSF tetap berkomitmen untuk tidak bertukar personel atau menerima turis di stasiun USAP."



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x