Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Akan Disuntik Vaksin Covid-19 Minggu Depan

Kompas.tv - 17 Desember 2020, 08:04 WIB
biden-akan-disuntik-vaksin-covid-19-minggu-depan
Presiden AS terpilih Joe Biden (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WILMINGTON, KOMPAS.TV – Para pemimpin Amerika Serikat (AS) akan segera disuntik vaksin Covid-19 dalam waktu dekat. Menurut dua pejabat transisi pemerintahan yang mengetahui masalah ini, Presiden AS terpilih Joe Biden akan disuntik vaksin corona di depan umum, paling cepat minggu depan.

Namun seperti dikutip dari the Associated Press, kedua pejabat ini tidak bersedia disebutkan namanya, karena tidak berwenang untuk membahas masalah ini secara terbuka.

Sementara itu dari kubu yang berbeda, Gedung Putih juga menyatakan bahwa Wakil Presiden AS Mike Pence dan istrinya Karen, juga akan disuntik vaksin corona pada Jumat (18/12/2020).

Baca Juga: Biden Akan Disuntik Vaksin Covid-19 di Depan Umum

Sebelumnya pada Selasa (15/12/2020), Biden mengatakan bahwa Dr. Anthony Fauci, ahli penyakit menular terkemuka di negara itu, menyarankan dia untuk segera mendapatkan vaksin.

Namun Biden mengatakan, dia ingin pekerja kesehatan dan orang-orang yang rentan tertular, untuk diprioritaskan lebih dahulu untuk mendapatkan vaksin. Biden juga menyatakan kesediaannya untuk divaksin di depan umum, untuk membangun kepercayaan di antara orang Amerika agar mendapatkan vaksinasi.

"Saya tidak ingin menjadi yang paling duluan, tetapi saya ingin memastikan bahwa kami akan menunjukkan kepada orang-orang Amerika bahwa vaksinasi aman untuk dilakukan," ujar Biden.

Baca Juga: Pelantikan Biden Akan Dilaksanakan dengan Megah, Namun Mengikuti Protokol Kesehatan

Biden, yang berusia 78 tahun pada 20 November, sebenarnya juga termasuk dalam kategori orang dengan resiko tinggi terkena Covid-19. Tetapi dia juga ingin menghindari kesan bahwa dia menerima perlakuan istimewa, dengan mendapatkan vaksin lebih dulu.

Fauci, kepala Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular, mengatakan kepada ABC "Selamat Pagi Amerika" bahwa penting untuk memvaksinasi Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris untuk alasan keamanan.

“Penting bagi Biden untuk dilindungi sepenuhnya saat ia dilantik menjadi presiden pada Januari mendatang. Jadi itu akan menjadi rekomendasi saya,” ujar Fauci.

Selain itu, Fauci juga merekomendasikan agar Trump dan Wakil Presiden Mike Pence segera divaksinasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x