Kompas TV internasional kompas dunia

Kanada Menyuntikkan Dosis Pertama Vaksin Covid-19

Kompas.tv - 15 Desember 2020, 10:24 WIB
kanada-menyuntikkan-dosis-pertama-vaksin-covid-19
Tamara Dus (kiri), menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pekerja kesehatan Anita Quidangen di Toronto, Kanada, Senin, 14 Desember 2020. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

TORONTO, KOMPAS.TV - Kanada memberikan dosis pertama vaksin Covid-19 pada Senin (14/12/2020). Hal ini menjadikan Kanada sebagai salah satu negara pertama yang memberikan vaksin Covid-19 dalam upaya untuk melawan pandemi.

Lima pekerja garis depan kesehatan di propinsi Ontario, merupakan orang pertama di Kanada yang menerima vaksin ini, di salah satu rumah sakit di kota Toronto.

Anita Quidangen, seorang pekerja panti jompo yang bekerja selama wabah Covid-19, mendapat dosis pertama di Ontario.

“Ini suatu kehormatan, terima kasih banyak. Saya akan terus melakukan pekerjaan saya sebagai perawat manula," ujarnya seperti dikutip dari the Associated Press.

Kematian karena Covid-19 di Kanada, mayoritas terjadi pada warga lanjut usia yang sedang dalam perawatan jangka panjang. Selain itu, Covid-19 juga sering mewabah di tempat tinggal pensiunan. Lebih dari 8.460 dari 13.430 kematian Kanada terjadi di sana.

Baca Juga: Vaksin Virus Corona Tiba Untuk Pertama Kalinya di Kanada

Quebec mengumumkan bahwa penyuntikan di propinsi ini juga telah dilakukan pada pukul 11:25 pagi.

“Hal itu sangat emosional bagi saya. Saya menangis,” kata Menteri Kesehatan Federal Patty Hajdu, yang menyaksikan penyuntikan vaksin perdana di propinsi Quebec.

Pemerintah Kanada baru-baru ini mengubah kontraknya dengan Pfizer dan BioNTech sehingga akan memberikan hingga 249.000 dosis bulan ini. Tetapi sebagian besar warga Kanada diperkirakan tidak akan mendapatkan vaksin hingga berbulan-bulan yang akan datang.

"Kita sedang menghadapi lingkungan global yang sangat kompetitif. Pertandingan yang panjang sedang terjadi di sini," kata Anita Anand, menteri pelayanan publik dan pengadaan Kanada.

Kanada memiliki kontrak dengan enam pembuat vaksin lain dan saat ini sedang meninjau tiga vaksin lainnya, termasuk satu dari Moderna yang menurut pejabat kesehatan Kanada dapat segera disetujui.

Kanada telah memesan sangat banyak dosis vaksin Covid-19, lebih daripada yang dibutuhkan untuk warga Kanada. Kanada berencana untuk menyumbangkan kelebihan pasokan ke negara-negara miskin.

Secara keseluruhan, ada lebih dari 460.000 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di Kanada sejak pandemi dimulai.

Baca Juga: Otoritas Kesehatan Kanada Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Besutan Pfizer

Ontario melaporkan 1.940 kasus baru Covid-19 pada hari Senin, dan 23 kematian baru. Sementara Quebec mengumumkan 1.620 kasus baru Covid-19 dan 25 kematian lainnya.

Regulator kesehatan Kanada menyetujui vaksin Pfizer untuk digunakan pada hari Rabu, minggu lalu.

Ontario menerima 6.000 dosis pada Minggu malam dan berencana untuk memberikannya kepada sekitar 2.500 pekerja perawatan kesehatan. Penduduk dari dua rumah perawatan jangka panjang di Quebec mulai menerima vaksin Pfizer-BioNTech di provinsi itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x