Kompas TV internasional kompas dunia

Israel dan Kerajaan Bhutan Jalin Hubungan Diplomatik

Kompas.tv - 13 Desember 2020, 03:35 WIB
israel-dan-kerajaan-bhutan-jalin-hubungan-diplomatik
Duta Besar Israel untuk India, Ron Malka, kanan, menandatangani kesepakatan dengan mitranya, Duta Besar Bhutan untuk India Mayor Jenderal Vetsop Namgyel, menjalin hubungan diplomatik antara Bhutan dan Israel, di kediaman Malka di India, 12 Desember 2020. (Sumber: Israel Embassy - New Delhi)
Penulis : Edwin Shri Bimo

JERUSALEM, KOMPAS TV – Israel dan Bhutan mengumumkan kesepakatan pembentukan hubungan diplomatic secara penuh pada hari Sabtu (12/12/2020), demikian dilaporkan Associated Press.

Kesepakatan itu akan “Membuka jalan untuk kerja sama yang lebih luas dan memperkuat hubungan antara kedua negara,” seperti disebutkan dalam pernyataan bersama kedua negara.

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu menyambut baik kesepakatan tersebut, seraya menulis di akun twitternya bahwa kesepakatan itu adalah “buah tambahan dari kesepakatan damai,”

Kesepakatan dengan Bhutan tampaknya terpisah dari upaya Amerika Serikat yang membawa normalisasi hubungan diplomatik antara Israel dengan beberapa negara Arab, termasuk Uni Emirat Arab, beberapa waktu terakhir.

Menteri Luar Negeri Israel dan Bhutan sebelumnya menggelar pertemuan rahasia yang menghasilkan kesepakatan tersebut.

Baca Juga: Maroko Normalisasi Hubungan dengan Israel, Palestina Kembali Menjerit

Selama ini tanpa hubungan diplomatik resmi, sejak 1982, Israel membantu Bhutan di bidang pembangunan dan agrikultur.

Kurangnya hubungan Israel dengan Bhutan sebelumnya tidak terkait dengan konflik dengan Palestina atau perjanjian yang ditengahi AS yang mengupayakan normalisasi dengan Israel dari negara-negara Muslim, melainkan akibat kebijakan isolasionis Bhutan.

Kerajaan Bhutan memiliki populasi lebih dari 770.000 orang dan baru mulai mengizinkan turis asing masuk ke negara itu pada tahun 1970. TV dan internet baru disahkan pada tahun 1999.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x