Kompas TV internasional kompas dunia

Gitanjali Rao, Remaja 15 Tahun Dinobatkan Jadi Kid Of The Year Majalah Time

Kompas.tv - 6 Desember 2020, 21:39 WIB
gitanjali-rao-remaja-15-tahun-dinobatkan-jadi-kid-of-the-year-majalah-time
Gitanjali Rao, remaja berusia 15 tahun asal Colorado, AS, dinobatkan menjadi Kid of The Year (Sumber: Time.com)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang pelajar berusia 15 tahun ditetapkan sebagai “Kid of the Year” pertama versi majalah Time. Gitanjali Rao terpilih setelah dinilai unggul daripada 5.000 nominasi lainnya.

Rao merupakan seorang ilmuwan sekaligus inovator cilik yang menggunakan teknologi untuk melawan berbagai isu seperti kontaminasi air bersih, kecanduan obat, hingga cyber bullying.

Dilansir AP, remaja bernama Gitanjali Rao tersebut saat ini masih bersekolah di sebuah sekolah menengah di Colorado, Amerika Serikat.

Dalam wawancaranya dengan aktris dan aktivitis Angelina Jolie, Gitanjali mengaku sudah menyukai sains sejak kecil.

Ia pun terpikir bagaimana caranya menggunakan sains untuk membuat perubahan sosial ketika masih duduk di bangku kelas dua atau tiga Sekolah Dasar.

"Tujuan saya benar-benar telah bergeser tidak hanya dari membuat perangkat saya sendiri untuk memecahkan masalah dunia, tetapi menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama juga," tambahnya.

Ia sejak dini telah membuat berbagai inovasi. Pada usia 12 tahun, Rao mengembangkan perangkat portabel untuk mendeteksi timbal dalam air.

Rao juga menciptakan perangkat bernama Epione yang dapat mendiagnosis kecanduan resep opioid sejak awal.

Anak itu juga membuat aplikasi bernama Kindly yang menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu menegah penindasan di dunia maya.

Saat ini Rao mengatakan telah bekerja sama dengan sekolah, museum, organisasi sains, teknologi, teknik, dan matematika serta institusi lain untuk menyelenggarakan lokakarya inovasi bagi ribuan siswa lainnya.

Di dunia di mana sains semakin dipertanyakan atau ditantang, Rao bersikeras bahwa penemuannya adalah tindakan kebaikan dan cara terbaik agar generasi muda dapat memperbaiki dunia.

"Kita memiliki segudang ilmu sains dan saya pikir bahwa sains itu keren, inovasi itu keren, dan siapa pun bisa menjadi inovator," punkas Rao.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x